Marketing.co.id – Berita Marketing |Â Saat ini penerapan kecerdasan buatan (AI) di kalangan perusahaan tengah meningkat. Laporan Cisco 2024 AI Readiness Index menyebut bahwa hampir semua perusahaan di Indonesia (99%) melaporkan peningkatan urgensi untuk menerapkan AI tahun ini, sebagian besar didorong oleh CEO dan tim pimpinan.
Menurut laporan tersebut, perusahaan-perusahaan mengalokasikan sumber daya dalam jumlah yang signifikan untuk AI, dengan 52% melaporkan bahwa 10 hingga 30% dari anggaran IT mereka dialokasikan untuk penerapan AI.
Meskipun ada investasi yang signifikan dilakukan, banyak perusahaan yang melaporkan bahwa hasil dari investasinya tidak memenuhi harapan. Mereka tidak melihat adanya hasil, atau hasilnya tak sesuai dengan harapan mereka dalam menambah, membantu, atau mengotomatisasi proses atau operasional saat ini.
Seperti diketahui, salah satu dampak paling mencolok dari penggunaan AI dalam dunia bisnis adalah kemampuannya untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin dan repetitif. Sistem pemrosesan data otomatis, chatbot, dan robotika industri adalah contoh nyata implementasi AI dalam mempercepat proses-proses ini.
Mengingat pentingnya AI saat ini sekaligus membantu perusahaan mendapatkan hasil yang lebih baik dari AI, Carre.CX kembali mengadakan AI Training Program di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, pada Rabu, 15 Januari 2025. Pelatihan ini dihadiri 15 perusahaan, di antaranya PT Indocare Citrapasific, PT BNL Patent, PT Asuransi Sinar Mas, PT Baron Biondi William, PT TIPTOP, dan PT Surganya Motor Indonesia.
Program pelatihan AI ini menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya, yaitu Joel Anugraha Djuwadi, Data Driven & AI Expert sekaligus CEO Heracx.ai, dan Yugie Nugraha, ex Microsoft Product Manager Lead (Rinna AI) sekaligus VP of Solutions AI Product Development Feedloop.ai.
Dalam pelatihan tersebut, para peserta mendapatkan banyak insight, di antaranya memahami dasar-dasar AI (para peserta diberi pemahaman dasar tentang konsep dan teknologi AI); mengeksplorasi aplikasi AI dalam manajemen profitabilitas (para peserta ditunjukkan bagaimana AI dapat digunakan dalam manajemen biaya, strategi penetapan harga, segementasi pelanggan dan memprediksi permintaan; hands-on experience (para peserta dilibatkan dalam latihan praktis menggunakan alat dan platform AI secara langsung); case studies (para peserta ditunjukkan contoh nyata dari perusahaan yang telah berhasil menerapkan AI untuk meningkatkan profitabilitas); perencanaan strategis (para peserta dibantu mengembangkan rencana strategis untuk mengintegrasikan AI ke dalam proses manajemen profitabilitas mereka sendiri).
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta pulang dengan membawa pemahaman yang lebih baik tentang AI dan kenapa mereka perlu menerapkan AI di perusahaan sekarang juga.