Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Logo perusahaan adalah bagian penting dari identitas visual merek apa pun, yang mewakili nilai, produk, dan layanan perusahaan. Meskipun beberapa logo tampak lugas dan sederhana, banyak logo punya makna tersembunyi, loh.
Meskipun warna atau bentuk dapat memberikan gambaran tentang apa yang diwakili oleh logo, banyak perusahaan memilih desain yang lebih deep sehingga membuat orang mencoba menguraikannya.
Kenapa perlu adanya pesan tersembunyi di dalam Logo?
Logo sering kali dirancang untuk mengkomunikasikan pesan atau ide kepada audiens.
Terkadang, desainer menggunakan pesan tersembunyi dalam logo untuk menyampaikan makna yang lebih dalam. Pesan-pesan tersembunyi ini, atau easter eggs, bisa berupa gambaran halus hingga permainan kata cerdas yang mudah kita lewatkan pada pandangan pertama.
Menggunakan pesan tersembunyi dalam logo dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih dalam antara merek dan audiensnya, sehingga membuat logo menonjol di market yang ramai. Selain itu, pesan tersembunyi ini juga membantu mengembangkan rasa intrik dan keingintahuan audiens, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka dengan merek.
Baca Juga: Marugame Udon Perkenalkan Logo Baru “Marugame Japanese Noodle & Tempura”
Apa saja contoh-contoh logo perusahaan dengan makna tersembunyi?
- Toblerone
Tulisan Toblerone dan gunungnya sih kita bisa dengan mudah mengenali, namun ada sesuatu yang terlewatkan oleh banyak orang pada pandangan pertama. Pernahkah kamu memperhatikan beruang di dalam gunung? Beruang ini mewakili kota Bern, tempat asal Toblerone.
2. Carrefour
Dalam bahasa Prancis, ‘Carrefour’ berarti persimpangan, sekilas dari logo diatas kamu bisa lihat ada dua anak panah menunjuk ke belokan kanan atau kiri. Namun yang tersembunyi di antara keduanya adalah bentuk huruf C, bisa terlihat kan sekarang?
3. Amazon
Panah pada logo Amazon tidak hanya melambangkan senyuman loh, yang menunjukkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Amazon, tapi panah itu juga menghubungkan huruf ‘A’ ke ‘Z’, yang memiliki arti mereka menjual segalanya dari A hingga Z!
4. LG
Saat kita amati desain LG, ada satu hal yang jelas, huruf ‘L’ dan ‘G’ dapat ditemukan di dalam lingkaran. Namun, tidak semua orang memperhatikan wajah yang mereka buat! Huruf ‘L’ menjadi hidung, dan ‘G’ menjadi bagian wajah lainnya.
5. Adidas
Logo Adidas merupakan salah satu logo yang paling terkenal di dunia olahraga. Namun tahukah kamu bahwa tiga baris di atas kata adidas dalam logo melambangkan sebuah gunung? tiga garis ini melambangkan kesulitan dan hambatan yang dihadapi dan diatasi oleh para atlet.
Nah, itu dia penjelasan dan beberapa contoh logo yang memiliki pesan tersembunyi, suatu saat ketika kamu menjumpai sebuah logo dari perusahaan coba lihat lebih dekat dan temukan pesan tersembunyi nya ya!