Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Agar Bertahan dan Tumbuh, Lakukan 3 Hal Ini Selama Pandemi

Marketing.co.id – Berita UKM | Pandemi Covid-19 dan kebijakan PSBB sangat berdampak pada berbagai bidang usaha, termasuk Food & Beverage (F&B) yang mengalami penurunan omzet hingga 70%.

Baca Juga: 5 Strategi Agar Bisa Bertahan dari Resesi Ekonomi

Marketing Manager Steak 21 Lilis Musliawati mengakui bahwa pandemi Covid-19 merupakan tantangan terbesar yang dihadapi Steak 21 sejak pertama kali hadir pada tahun 1999.

Baca Juga: Peluang Bisnis di Tengah Resesi Ekonomi 

“Pandemi ini merupakan salah satu tantangan terbesar sejak restoran kami hadir karena membatasi ruang temu kami dengan para pelanggan,” ujar Lilis.

Baca Juga: Tetap Bertahan di Pasar yang terus Berubah

Menurut Lilis, salah satu inisiatif restoran Steak 21 untuk bertahan dan tumbuh selama pandemi adalah dengan memanfaatkan layanan delivery online yang terbukti sangat memudahkan pelanggan dan meningkatkan traffic di gerai-gerai Steak 21.

Baca Juga: Tips Agar Operasional Bisnis Terus Jalan Saat Kerja Jarak Jauh

Dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19 ini Lilis menyarankan pelaku usaha melakukan 3 hal berikut: 

Selalu berpikir terbuka

Dalam menggeluti sebuah usaha, kita ditantang untuk terus beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat. Memiliki pikiran yang terbuka dan mindset untuk terus maju sangat penting agar dapat terus berinovasi dalam situasi yang sulit.

Kolaborasi adalah kunci

Berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama platform digital yang akan memberikan nilai tambah bagi usaha dan melayani masyarakat dengan lebih baik. “Salah satu inisiatif yang saat ini sangat membantu kami adalah dengan memanfaatkan layanan delivery online yang terbukti sangat memudahkan dan menguntungkan bagi pelanggan dan meningkatkan traffic di gerai-gerai kami,” ujar Lilis.

Andalkan kualitas produk dan layanan

Terus berupaya menyajikan produk berkualitas untuk pelanggan termasuk pelayanan yang memuaskan dan terpercaya. Perhatikan juga protokol kesehatan di gerai, agar tetap aman bagi para pelanggan dan karyawan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top