Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Cara Jitu Pebisnis untuk Mendapatkan Pelanggan Perdana

www.marketing.co.id – Memang untuk memulai suatu bisnis apapun pasti menemui sebuah kendala. Kendala-kendala itu, biasanya  yang sering dijumpai oleh para pemula di dunia bisnis,  seperti berupa persediaan stok barang yang belum mencukupi maupun tentang harga jual yang ideal. Tapi, kebanyakan para pemula ini akan bingung bagaimana mendapatkan pelanggan perdananya.

Mungkin Anda pernah melihat bagaimana seorang penjual buah atau apapun jualannya,  jika ada pelanggan pertama pasti bagi penjual itu sangat senang. Saking senangnya uangnya itu sampai ditempelkan ke produk mereka. Walaupun tidak berpengaruh apa-apa, tapi itu menandakan suatu awal yang baik dari penjualan.

Maka dalam artikel ini kami sajikan bagaimana membantu para pemula bagaimana cara mendapatkan pelanggan perdana dalam menjual suatu produk.

 

1. Harus bisa membedakan konsumen sesuai karakter mereka

Para pelaku usaha harus bisa membedakan konsumen sesuai dengan karakter para pelanggan. Contohnya membagi konsumen berdasarkan usia mereka, baik itu anak-anak, remaja maupun orang tua. Setelah itu bisa membedakan dengan jenis kelamin mereka lalu profesi pelanggan yang digeluti.

Maka dengan membedakan itu semua Anda bisa merencanakan strategi pemasaran yang efektif agar bidikan ke konsumen terfokuskan. Sehingga program bagi pelaku usaha bisa sesuai dengan keinginan pelanggan.

 

2. Selalu jalin silatuhrahim untuk memperluas pangsa pasar

Menjalin silatuhrahim adalah salah satu cara jitu untuk mendapatkan pelanggan perdana. Apalagi jika Anda seorang yang bisa dipercaya, maka tak bisa dipungkiri pastinya pelanggan itu akan selalu berdatang untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

Dengan menjalin silatuhrahim  yang baik kepada para pelanggan adalah salahsatu strategi untuk  membangun networking. Strategi ini adalah salah satu agar bisnis Anda meraih kesuksesan.

 

3. Harus bisa membidik konsumen potensial di sekitar Anda

Cara jitu yang ketiga adalah harus bisa membidik pelanggan potensial di sekitar kita. Bagaimana caranya? Jika Anda punya produk unggulan coba pertama Anda tawarkan kepada keluarga terdekat, teman-teman yang akrab baik itu teman kampus maupun teman kerja, coba Anda presentasikan kepada mereka dengan yakin bahwa produk yang Anda perkenalkan adalah produk terbaik.

 

4. Selalu menjaring konsumen baru dari pelanggan setia

Setelah mendapat pelanggan dengan hasil kerja sendiri, bagaimana mendapatkan pelanggan perdana dari pelanggan setia. Memang jika usaha Anda berhasil dengan produk yang sangat disukai oleh banyak orang, tidak menutup kemungjkinan para pelanggan setia tersebut melakukan strategi word of mouth (dari mulut ke mulut).

Bisa dicontohkan bagaimana para pelanggan setia ini merekomendasikan produk Anda kepada saudara atau teman dekat yang mereka miliki. Sehingga produk yang ditawarkan menjadi disukai dan laku.

Maka peran pelanggan setia sangat penting sekali untuk memajukan bisnis Anda dan sudah sewajarlah bagi Anda untuk memberikan perhatian khusus bagi pelanggan setia seperti menawarkan bonus yang cukup menarik sehingga mereka semakin loyal kepada Anda. (Berbagai sumber /HN)

 

 

1 Comment

1 Comment

  1. Lacikasir

    14 November 2012 at 14:10

    Untuk yang No.1 .
    Cara membedakanya sih mudah , tapi cara menghadapinya Sulit euy …..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top