Canon EOS-1D X, Kamera DSLR Tercepat di Dunia

0
801

PT Datascrip selaku distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia merilis EOS-1D X untuk menjawab kebutuhan pemotretan para profesional yang semakin menantang dan meningkat.

Teknologi yang digunakan EOS-1D X merupakan evolusi dari teknologi EOS DSLR profesional sebelumnya seperti EOS-1Ds Mark III dan EOS-1D Mark IV. Sebagai gabungan dan peningkatan kecanggihan dari  fitur-fitur pendahulunya di kelas profesional, EOS-1D X mengusung sensor CMOS 18,1megapiksel berukuran full-frame 35mm dengan kecepatan pengambilan foto tinggi hingga 14 bingkai per detik (fps), disertai prosesor dual DIGIC 5+ sehingga hasil foto di ISO yang sangat tinggi pun minim noise.

Hasil Foto yang Mengagumkan

Sensor EOS-1D X memiliki rasio signal-to-noise (S/N) istimewa dengan ukuran pixel pitch lebar 6,95?m. Ukuran piksel dan sensor yang lebih besar semakin meningkatkan efisiensi pengumpulan cahaya sehingga hasil foto yang diperoleh menjadi semakin sempurna dan noise juga semakin rendah.

Berkat sensor dan prosesor yang canggih, kejernihan hasil foto dari EOS-1D X pada ISO 51.200 sebanding dengan hasil foto di ISO 12.800 pada EOS-1D Mark IV sehingga pengaturan ISO EOS-1D X dapat dinaikkan hingga ISO 204.800. Dengan ISO tinggi pengguna dapat meningkatkan kecepatan rana untuk mengurangi guncangan pada kamera saat pengambilan gambar terutama di kondisi kurang cahaya dan tidak dimungkinkan penggunaan flash.

Keistimewaan lain dari Canon EOS-1D X adalah fungsi Real-Time Chromatic Aberration Correction, pemrosesan gambar RAW langsung di kamera, koreksi distorsi lensa (di fungsi RAW processing).

AE / AF Sistem yang Inovatif

Sistem Auto Focus (AF) pada EOS-1D X memiliki 61titik AF Reticular High Density dengan 41 titik cross-type. Sistem AF kamera ini menawarkan jangkauan yang luas untuk fokus otomatis,  presisi tinggi, dan kemampuan menangkap subjek yang canggih.

Canon EOS-1D X menggunakan sensor AF dengan 41 titik cross-type yang sensitif terhadap bukaan f/4.0 sehingga pengguna sekarang yang menggunakan lensa bukaan maksimum f/4.0 dapat menikmati kecepatan AF yang optimal. Setiap momen dan gerakan yang penting pun tidak akan terlewatkan.

Performa Kecepatan Tinggi yang Belum Pernah Ada

Dengan  shutter-release lag yang begitu singkat hanya 36 milidetik, Canon EOS-1D X merespon cepat untuk mengimbangi kecepatan seorang fotografer olahraga atau aksi cepat. Fitur baru di  EOS-1D X adalah Quad Active Mirror Stopper, yang dilengkapi dengan sistem bounce lock dan keseimbangan ganda sehingga dapat mengurangi bouncing cermin secara langsung. Dengan sistem ini, kamera lebih stabil dan akurat pada pemotretan drive tinggi sehingga fotografer tidak akan pernah kehilangan momen yang cepat.

EOS Movie yang Prima

Kualitas perekaman video yang berkulitas tinggi dengan noise rendah dan berefek sinematik dari kamera Canon EOS yang sudah terkenal dan menjadi topik hangat di dunia videografi tampil semakin handal di EOS-1D X. Dengan prosesor Dual DIGIC 5+ dan sistem CMOS sensor yang baru, penyimpangan warna dan moiré yang muncul dalam adegan dengan garis horizontal halus berkurang drastis. Perekaman video dengan ISO tinggi pun semakin bebas dari noise.
Pengguna juga dapat memilih metode kompresi IPB yang mampu merekam lebih lama dengan ukuran file yang lebih kecil dan kualitas optimal. Bahkan istimewanya untuk memenuhi kebutuhan para profesional dalam mengambil dan sinkronisasi video, ukuran file video yang melebihi 4GB (ukuran maksimum untuk sistem file FAT) secara otomatis di split namun file baru secara otomatis langsung dibuat dan rekaman tetap berlanjut tanpa gangguan.

Peningkatan Kehandalan dan Daya Tahan

EOS-1D X menggunakan unit rana (shutter) terbaru yang memiliki daya tahan hingga 400.000 kali jepretan. Dan baru dalam seri EOS-1D di kamera ini pertama kali digunakan  tirai rana elektronik untuk pengoperasian yang lebih tenang saat menggunakan fungsi live view. Dengan kekohohan rangka unit dari bahan mangnesium alloy yang kuat, EOS-1D X sangatlah tangguh dan dapat diandalkan di setiap kondisi pemotretan. Gelombang Ultrasonic Wave Motion Cleaning (UWMC secara efektif menghilangkan partikel kecil yang mengganggu dari sensor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here