Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

“Obat Beton” Ini Bikin Beton Kokoh dan Tahan Lama

Marketing.co.id – Berita Properti | Beton merupakan bagian penting dalam konstruksi bangunan. Beton terbentuk dari campuran semen, air, pasir (agregat halus) dan kerikil (agregat kasar) dengan komposisi tertentu.

Beton juga ada yang diperkuat dengan besi dan baja, beton jenis ini dikenal dengan beton bertulang. Ada juga beton yang dicetak dengan ukuran dan bentuk tertentu yang kemudian dibawa ke lokasi konstruksi, beton ini dikenal dengan beton pracetak / precast.

Masih banyak jenis beton lainnya, penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi sehingga beton dapat berfungsi maksimal.

Dalam pembangunan rumah, beton digunakan pada bagian seperti pondasi, atap dak beton, tiang, dan pembatas antar lantai. Beton memiliki kelebihan tahan terhadap beban berat, tahan terhadap suhu tinggi maupun korosi. Namun beton juga dapat retak dan apabila sudah mengeras tidak dapat dibentuk kembali.

Tentunya diharapkan hasil akhir beton yang kokoh, tahan lama, dan tidak mudah roboh. Sebelum memulai konstruksi baru bangunan atau ingin menyambung beton, sebaiknya dipilih atau dipahami bahan-bahan pembentuk beton. Selain semen, air, pasir, kerikil; adukan beton juga dapat ditambahkan BETONMIX atau umumnya lebih dikenal dengan sebutan obat beton.

BETONMIX merupakan cairan bening siap pakai dengan Superior Plasticizer Technology berfungsi untuk meningkatkan kualitas adukan beton. BETONMIX juga merupakan salah satu produk dari Aquaproof yang tersedia dalam ukuran kemasan 1 kg, 5 kg dan 30 kg.

Penggunaan 1% BETONMIX (% dari berat semen) membuat beton 100% tidak keropos. Selain itu, BETONMIX juga berfungsi meningkatkan mutu beton, mempercepat pengerasan beton, dan mempermudah pengecoran beton.

Ada dua (2) cara penggunaan Betonmix, yaitu pengadukan manual dan ready mix. Cara penggunaan BETONMIX dalam pengadukan manual adalah sebagai berikut:

  1. BETONMIX ukuran 1kg dapat digunakan untuk 2-8 zak semen (1 zak semen = 50 kg) atau 0,2% – 1% dari berat semen.
  2. Campur BETONMIX dengan air yang akan digunakan. Penggunaan air dapat dikurangi 10%-30% dari kebutuhan air normal.
  3. Masukkan campuran air dan BETONMIX ke dalam adukan pasir, kerikil dan semen lalu aduk hingga rata.
  4. Lakukan pengecoran seperti biasa, usahakan adukan beton selesai dituang dalam waktu kurang dari 1 jam.

Sedangkan penggunaan BETONMIX dalam ready mix adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan kualitas beton yang dipesan, slump (10±2 cm, usahakan slump sekecil mungkin), dan kapasitas mobil. Misalnya: beton kualitas K300, artinya dalam 1 m3 beton, kandungan semen minimal 300 kg, kapasitas mobil molen 7 m 3 .
  2. Masukkan cairan BETONMIX (0,2-1% dari berat semen) ke dalam mobil molen bila pengecoran siap dilakukan, (masukkan setengahnya terlebih dahulu, putar selama 5 menit kemudian amati daya alir beton, tambahkan sisa BETONMIX secukupnya sambil diputar hingga adukan beton cukup plastis tapi beton tidak bleeding,
  3. Tuang adukan beton, usahakan beton selesai dituang dalam waktu kurang dari 1 jam.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top