Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Fokus Bisnis BukuWarung di Tahun 2021

Marketing.co.id – Berita UKM |BukuWarung, perusahaan fintech yang fokus membantu UMKM Indonesia melakukan digitalisasi, hari ini mengumumkan pendanaan dari Rocketship.vc, sebuah perusahaan ritel raksasa Indonesia, dan sekelompok investor individu.

Meskipun nilainya tidak dipublikasikan, BukuWarung menyatakan putaran pendanaan ini berhasil menghimpun dana lebih besar dibanding putaran pendanaan Y-Combinator yang sebelumnya telah diumumkan.

BukuWarung berencana menggunakan dana investasi tersebut untuk memperbesar tim teknologi dan produk mereka di Indonesia, India, dan Singapura sehingga perusahaan bisa meluncurkan lebih banyak produk dan fitur untuk mendigitalisasi UMKM di Indonesia. Tahun ini, perusahaan juga berencana meluncurkan produk monetisasi seperti kredit dan memperluas fitur solusi pembayaran.

Didirikan pada 2019 oleh Chinmay Chauhan dan Abhinay Peddisetty, BukuWarung berawal sebagai aplikasi pembukuan untuk UMKM. Namun, startup tersebut kini menawarkan solusi pembayaran dan fitur penjualan daring lewat aplikasinya. Saat ini, telah ada lebih dari 3,5 juta pedagang yang terdaftar di aplikasi BukuWarung yang tersebar di 750 kota dan kota kecil di Indonesia, kebanyakan berada di lokasi tier 2 dan tier 3.

Teknologi yang diterapkan BukuWarung memperbaiki proses pembukuan dengan membantu pedagang menyimpan segala jenis transaksi termasuk utang, pengeluaran, dan penjualan serta menyediakan kemampuan untuk memantau arus kas melalui laporan bisnis. Berkat fitur pengingat utang otomatis, pedagang menerima pembayaran utang 3x lebih cepat sehingga menikmati arus kas yang lebih cepat.

BukuWarung telah mencatat transaksi senilai lebih dari US$15 miliar di platformnya dan telah memproses lebih dari US$500 juta pembayaran, memimpin pasar dalam hal volume. Pedagang juga bisa mengelola stok, membuat faktur, mengirim pengingat pembayaran, menagih pembayaran menggunakan faktur, dan membayar pemasok. Tahun ini, BukuWarung berencana mengembangkan lebih banyak produk dan fitur yang dibutuhkan para pedagang yang paling sering menggunakan aplikasinya, demi meningkatkan penggunaan oleh basis penggunanya.

“Berbeda dengan pemain lain, kami kini telah meraih pendapatan melalui solusi pembayaran. Namun, kami juga menempatkan pembayaran sebagai cara untuk masuk ke peluang monetisasi lewat layanan finansial lain seiring dengan perkembangan adopsi pedagang. Fokus kami tahun ini adalah memperbanyak penawaran solusi pembayaran dan cara penggunaan [use cases] bagi para pedagang,” kata Chinmay Chauhan, Co-Founder & Presiden BukuWarung.

Kemitraan Strategis

Pertumbuhan dan kepemimpinan pasar dalam produk pembukuan, pembayaran, dan perdagangan bukan satu-satunya fokus BukuWarung. Perusahaan juga berkonsentrasi dalam menjalin kemitraan strategis, dengan Warung Pintar dan mitra lain, untuk menciptakan ekosistem yang lengkap dalam melayani semua kebutuhan UMKM.

“Kami telah menjalin kemitraan dengan salah satu jaringan ritel terbesar di Indonesia sehingga pedagang pengguna BukuWarung bisa beralih dari penggunaan uang tunai ke digital. Fokus kami kepada simplisitas dan pengetahuan yang mendalam tentang keseharian pada pedagang, membuat kami tetap di depan. Buktinya, produk dan fitur kami menjadi standar yang dikejar oleh pemain lain,”  kata,” ujar Abhinay Peddisetty, Co-Founder & CEO of BukuWarung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top