Marketing.co.id – Berita UMKM | Sejak diluncurkan pada tahun 2016, BukaPengadaan yang merupakan lini bisnis e-procurement dari Bukalapak, bertujuan untuk mengoptimalkan potensi 6.5 juta UMKM yang terintegrasi dengan ekosistem bisnis Bukalapak untuk dapat berkompetisi di pasar yang lebih luas.
Dengan mengoptimalkan keberadaan jutaan Pelapak di seluruh Indonesia, Bukapengadaan berkomitmen untuk dapat memenuhi setiap kebutuhan korporasi dan pemerintah melalui penyediaan pengadaan barang dan jasa elektronik yang bersaing, akuntabel, kredibel dan transparan.
Hita Supranjaya, Direktur BukaPengadaan Indonesia mengatakan, pandemi merupakan saat yang sulit bagi UMKM, oleh karena itu, dengan bergabungnya UMKM ke dalam integrasi bisnis BukaPengadaan UMKM mendapatkan kesempatan untuk berada di pasar yang lebih luas, menjangkau konsumen yang lebih besar dengan skala transaksi yang juga lebih besar.
Baca juga: BCA Hadirkan Solusi Pembiayaan Mudah bagi UMKM
“Hal ini berarti juga menaikkan daya saing dan kapabilitas bisnis UMKM sesuai tujuan kami. Dengan semangat gotong royong bersama UMKM, transaksi BukaPengadaan naik dua kali lipat di sepanjang 2020,” tutur Hita saat diskusi virtual (19/3)
Di tahun 2020, BukaPengadaan ditunjuk sebagai mitra operator oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) untuk mendukung Program Usaha Mikro dan Usaha Kecil (UMK) Go Digital.
Setya Budi Arijanta, Sekretaris Utama LKPP yang hadir dalam diskusi virtual mengatakan, Program Bela Pengadaan yang menggandeng sejumlah marketplace diharapkan mampu memberikan stimulus perekonomian kepada usaha mikro dan usaha kecil melalui belanja pemerintah yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.
“Keberadaan marketplace seperti BukaPengadaan dapat memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha. Transaksi elektronik yang disajikan marketplace diharapkan dapat mendorong transparansi sehingga mengurangi potensi korupsi di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,” paparnya.
Baca juga: Kolaborasi ALAMI dan BukaPengadaan untuk Membantu UMKM
Hita menambahkan, saat ini solusi eProcurement masih sangat relevan dengan catatan pengembangannya harus disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan BukaPengadaan yang semakin luas. Sejumlah inovasi telah luncurkan BukaPengadaan untuk mendukung program Bela Pengadaan.
“Layanan pembiayaan juga menjadi opsi yang menarik bagi pelanggan dan vendor kami karena lebih cepat dapat persetujuan dan membantu permodalan di masa sulit ini. BukaPengadaan menyediakan layanan pembiayaan kepada mitra dengan riwayat transaksi yang baik, harapannya hal ini dapat turut mendorong kinerja positif UMKM dalam memenuhi kebutuhan pengadaan. Inovasi lainnya bisa nantikan pada akhir tahun ini,” tutup Hita.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis