Bukalapak dan Rumah Siap Kerja Tingkatkan Kapabilitas Pekerja Hingga ke Indonesia Timur

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Bukalapak sebagai mitra digital platform Prakerja terus memperkuat kerjasama dengan Rumah Siap Kerja, salah satu Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja. Melalui kerjasama ini, Bukalapak dan Rumah Siap Kerja berupaya memperluas kesempatan bagi masyarakat di seluruh nusantara, termasuk di timur Indonesia, dalam berkarir dan berbisnis melalui beragam kelas pelatihan.

“Bukalapak ingin terus memberikan dampak positif tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia, tapi juga ke seluruh penjuru negeri, dari Sabang sampai Merauke. Menjadi bagian dari Program Kartu Prakerja tentunya membantu kami mewujudkan keinginan ini. Kami dapat menjangkau dan memberikan kesempatan para angkatan kerja di berbagai daerah untuk mengembangkan kompetensi diri. Dengan menggabungkan platform teknologi yang kami miliki dengan kolaborasi  bersama para lembaga pelatihan, termasuk Rumah Siap Kerja, kami berharap dapat senantiasa memberikan kesempatan bagi para peserta dan alumni Prakerja untuk menemukan kelas pelatihan sesuai minat dan kebutuhan mereka”, ujar Nungky Aprilia, Head of Mitra Financial Services, dalam kegiatan Media Gathering di Ambon (25/10).

Rumah Siap Kerja telah bermitra dengan Bukalapak sejak tahun 2021 dan menjadi salah satu Lembaga Pelatihan terpopuler bagi peserta Prakerja di Bukalapak selama periode tahun 2023. Rumah Siap Kerja merupakan wadah yang dibangun untuk mendorong anak muda berbisnis dan berwirausaha guna menciptakan lapangan kerja, sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Menteri Ketenagakerjaaan Apresiasi Langkah Gravel Mengurangi Pengangguran di Sektor Konstruksi

Melalui kelas-kelas pelatihan Rumah Siap Kerja yang tersedia di platform Bukalapak, kedua pihak telah membantu para peserta Prakerja memperluas kesempatan dalam mengembangkan skill untuk  mencari pekerjaan atau membangun usaha.

Rumah Siap Kerja telah menyediakan lebih dari 30 kelas pelatihan baik online maupun offline di Bukalapak. Topik pelatihan yang disediakan beragam mulai dari penjualan dan bisnis, pemasaran, pertanian, perkebunan, IT dan data, desain grafis, bahasa asing, hingga topik terkait pengembangan diri.

“Rumah Siap Kerja merupakan one stop services dalam menciptakan minat tinggi dalam kewirausahaan dan pengembangan profesional bagi generasi muda Indonesia. Melalui kerja sama dengan Bukalapak, kami dapat terus mewujudkan misi kami ini dengan memberikan akses ke beragam kelas pelatihan bagi para peserta dan alumni Prakerja di seluruh penjuru nusantara”, ujar Kevin Nurtanio, VP Product Rumah Siap Kerja.

Kerja sama antara Bukalapak dengan berbagai Lembaga Pelatihan telah memberikan manfaat ke banyak masyarakat Indonesia, termasuk Emelya Eka Safitri, salah satu alumni Prakerja dari Ambon.

Bukalapak
Rumah Siap Kerja telah bermitra dengan Bukalapak sejak tahun 2021

Terdorong oleh keinginan untuk memperkuat sertifikasi yang didapat di bangku kuliah, Emelya mengikuti kelas “Menjadi Pengawas K3” di Prakerja.

“Melalui kelas ini, saya mendapatkan banyak manfaat tentang dasar-dasar pengetahuan K3. Hal ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya sebagai bekal untuk membangun karir. Materi yang dijelaskan sangat detail dan jelas sehingga mudah bagi saya untuk memahami materi yang disampaikan, sehingga saya sangat antusias dalam mendalami materi-materi yang disediakan”, ujar Emelya.

Baca juga: Kementerian BUMN RI Gandeng Tokopedia Luncurkan ‘Rumah BUMN’, Targetkan 30 Juta UMKM Digital

Selain mengambil kelas di bidang K3, Emelya juga memilih kelas pelatihan penyusunan dokumen. Hasilnya, sekarang ia dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapatnya sebagai pekerja honorer di instansi pemerintahan di Ambon. Sebagai pekerja di bidang pembangunan infrastruktur daerah, Emelya bertugas untuk menjembatani komunikasi dengan warga terkait pembangunan drainase, jembatan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Kisah Emelya merupakan satu dari banyaknya kisah sukses alumni Prakerja. Misi Prakerja memaksimalkan akses pembelajaran ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk Indonesia Timur, juga sejalan dengan salah satu prioritas pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia lewat pendidikan yang sama untuk semua.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here