Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

BSI Targetkan Penjualan Sukuk Ritel SR014 Sebesar Rp 500 Miliar

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Bank Syariah Indonesia (BSI) resmi ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan sebagai mitra distribusi baru penjualan surat berharga syariah negara ritel atau Sukuk Ritel SR014. Dalam penjualan perdana SR014, Bank Syariah Indonesia menargetkan penjualan sebesar Rp 500 miliar.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi berharap dengan ditunjuknya BSI sebagai mitra distribusi sukuk dapat mendiversifikasi kebutuhan produk perbankan khususnya investasi nasabah.

“Sukuk Ritel SR014 dengan kupon 5,47% bisa jadi pilihan investasi menarik bagi masyarakat, sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan finansial nasabah atas produk-produk investasi,” kata Hery.

Baca juga: Pegadaian Ajak Masyarakat Berinvestasi Emas Sejak Dini

Sukuk SR014 merupakan produk investasi yang aman dengan kupon dan pokok yang dijamin negara. Produk ini menjanjikan return menarik yang dengan presentase kupon yang kompetitif dengan rata-rata tingkat deposito perbankan serta pajak yang lebih rendah. Kelebihan lainnya mudah dicairkan dan dapat diperjualbelikan di Pasar Sekunder. Dengan demikian nasabah berpotensi mendapatkan capital gain apabila dijual pada harga diatas harga beli awal, kupon tetap dibayarkan per bulan dengan nominal tetap, berbasis syariah sesuai fatwa DSN-MUI.

Sukuk Ritel - Bank Syariah Indonesia

Pegawai Kantor Cabang PT Bank Syariah Indonesia (kanan) menjelaskan mengenai surat berharga syariah negara ritel atau Sukuk Ritel SR014 di outlet PT Bank Syariah Indonesia KC Tempo Pavilion, Selasa (16/3).

Nasabah dapat membuka rekening BSI dan melakukan pemesanan SR014 melalui BSI Net Banking. Proses pendaftaran BSI Net Banking dapat dilakukan melalui kantor cabang BSI.

Baca juga: Penjualan Sukuk Ritel BNI Syariah Andalkan Captive Market dan Influencer

Kementerian Keuangan menawarkan sukuk ritel seri SR014 pada 26 Februari 2021 hingga 17 Maret 2021 dan akan diterbitkan pada tanggal 24 Maret 2021. Kupon yang ditawarkan adalah 5,47 persen per tahun dengan pajak 15 persen. SR014 diterbitkan dengan menggunakan akad Ijarah asset to be leased dengan underlying asset Barang Milik Negara (BMN) dan Proyek APBN tahun 2021 dengan tenor 3 (tiga) tahun. Nominal minimal pembelian adalah Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

SR014 bersifat dapat diperjualbelikan di Pasar Sekunder. Adapun transaksi penjualan atau pembelian di Pasar Sekunder dapat dilakukan mulai tanggal 11 Juni 2021. Kupon SR014 akan dibayarkan setiap tanggal 10 (sepuluh) setiap bulannya dan apabila tanggal 10 (sepuluh) jatuh di hari libur maka akan dibayarkan di hari kerja berikutnya tanpa kompensasi. Adapun kupon pertama SR014 akan mulai dibayarkan pada 10 April 2021.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top