Marketing.co.id – Berita Financial Services | BSI International Expo 2025 mencatatkan transaksi besar selama empat hari penyelenggaraan dari 26 hingga 29 Juni 2025, dengan nilai transaksi fantastis sebesar Rp2,66 triliun, naik dari Rp2,47 triliun pada tahun sebelumnya.
Diselenggarakan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI), expo ini menyedot perhatian lebih dari 60 ribu pengunjung yang menjelajahi 346 tenant lintas sektor industri. Event ini juga menjadi ajang business matching dengan 52 buyer internasional dan menghasilkan 30 nota kesepahaman dengan potensi transaksi USD20,8 juta.
Direktur Utama BSI, Anggoro Eko Cahyo, menyampaikan bahwa minat masyarakat tetap tinggi meski bertepatan dengan libur panjang nasional. “Animo masyarakat luar biasa. Ini jadi bukti masih kuatnya daya tahan ekonomi masyarakat dan harapan besar terhadap ekosistem keuangan syariah,” ujarnya.

Tak hanya dari sisi transaksi, BSI juga mencatat pertumbuhan pengguna superapps BYOND by BSI dengan 5.191 registrasi baru dan 1.228 onboarding nasabah selama expo berlangsung. Program pembiayaan otomotif BSI menyumbang 108 unit transaksi senilai Rp43,4 miliar, sementara pembukaan tabungan haji dan umrah mencapai total Rp18 miliar.
Sejumlah kolaborasi strategis juga diumumkan, termasuk kerja sama dengan NU, Muhammadiyah, dan BP Tapera untuk program perumahan, serta integrasi solusi digital dengan Zahir dan Mekari. Di sektor emas, pembukaan tabungan dan cicil emas mencapai total Rp7,5 miliar.
Wakil Direktur Utama BSI, Bob T. Ananta, menyebutkan, “Expo ini jadi panggung penting untuk menunjukkan potensi investasi syariah, termasuk bisnis emas yang kini makin diminati.”
Dengan tema “Engaging Indonesia in the Global Halal Industry,” expo ini tak hanya jadi pameran, tapi juga ruang edukasi dan kolaborasi antar pelaku industri halal dan keuangan syariah.