Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Brosur Pemasaran: Dulu, Kini, dan Nanti

MARKETING.co.id- Jika Anda ditanya, apa alat pemasaran tradisional yang masih berpengaruh saat ini, apa yang ada dalam pikiran Anda? Anda mungkin memulai jawaban Anda dengan menjawab brosur, kartu nama, poster.

Bagaimana dengan brosur? Sebuah cetakan kreatif yang disajikan berbagai macam bentuk dan sudah ada selama bertahun-tahun. Mungkin sekarang Anda berpikir apakah Anda benar-benar harus mempelajari kenapa brosur bisa begitu booming di dunia pemasaran.

Anda mungkin sering melihat brosur di sekitar Anda, atau mungkin Anda menyimpannya. Untuk memahami kekuatan yang ada dalam brosur pemasaran, mari kita melakukan perjalanan singkat tentang masa depan, masa lalu, dan sekarang.

Bagaimana awalnya

Mari kita mengambil langkah mundur dan melihat sejarah dari brosur sekedar  untuk mendapatkan sekilas gambaran tentang di mana brosur ini pertama kali masuk pasar.

Pada 1450, Johannes Gutenberg memulai bisnis percetakannya yang bisa menjadi tanda dari pencetakan komersial yang dilakukan saat ini. Namun, Cina Kuno sudah mulai menggunakan tinta pada sebuah blok kayu sebagai salah satu bentuk cetakan bahkan jauh sebelum Gutenberg memiliki mesinnya.

Sesudah itu, bisnis mulai menemukan cara mereka berkomunikasi dengan target pasar yang lebih besar. Anda dapat mengatakan bahwa pada saat ini, brosur telah lahir sebagai bagian dari iklan cetak.

Sekarang

Dengan peran yang dimainkan oleh brosur disamping promosi, orang menjadi lebih melekat padanya. Anda selalu dapat menemukannya di setiap toko, lampu merah, pusat perbelanjaan dan bahkan lembaga karena ini juga digunakan untuk keperluan edukasi.

Jika itu belum cukup, beberapa penelitian menunjukkan bahwa 75% dari orang-orang yang melihat brosur berpikir itu sangat bermanfaat sebagai sumber informasi. Juga, 63% dari responden setuju bahwa cetakan ini membantu mereka belajar tentang kegiatan dari daerah tertentu. Sekarang, angka-angka itu jelas mengatakan sesuatu tentang bagaimana brosur ini sedang disukai/dianggap oleh para konsumen saat ini.

Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya

Bahkan ketika banyak bentuk iklan yang sedang dibuat, Anda tidak bisa segera mengatakan bahwa brosur pemasaran akan hilang begitu saja. Seperti yang Anda telah lihat, entah bagaimana itu begitu kuat dalam menarik perhatian orang, ditambah itu juga memberikan informasi yang benar dan mendidik mereka.

Ini bukan hanya tentang pemasaran pada saat ini. Pengaruh brosur tidak hanya mencakup apa yang akan mereka pilih untuk melakukan pembelian tetapi juga pemikiran untuk belajar sesuatu yang baru.

Jadi sekarang Anda telah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai brosur pemasaran, mungkin Anda sudah yakin bahwa strategi ini bernilai investasi.

Tapi ingatlah faktor-faktor yang akan membuat brosur bekerja dengan baik untuk Anda. Yakni desain, pencetakan, dan penyebaran. Pelajari cara mencampur komponen tersebut dengan benar dan Anda pasti bisa mendapatkan hasil maksimal dari brosur Anda.

business2community

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top