Branding Basics (2)

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Pada artikel terdahulu, kita tahu bahwa elemen dasar branding adalah logo dan tag line. Pada artikel kali ini kita akan fokus membahas tentang kedua elemen dasar branding ini.

Elemen Pertama Branding: Ciptakan & Desain Logo:

Anda sudah mencurahkan perhatian penuh untuk menamai perusahaan dan percaya bahwa nama atau merek tersebut bisa berbicara dan mengkomunikasikan pesannya dengan jelas pada konsumen, siapa perusahaan Anda dan apa yang bisa ditawarkan. Kini tahap berikutnya Anda perlu membungkus semua itu dengan image berbentuk grafis supaya konsumen bisa dengan mudah membayangkan perusahaan dan mengingatnya dengan baik. Inilah tugas desain logo yang bagus.

Berikut adalah tips yang bisa diikuti untuk mendesain logo:

  • Mempunyai image yang kuat dan seimbang, usahakan sesederhana mungkin dan hilangkan semua unsur yang tidak perlu.
  • Jangan meniru desain lain, dan buat desain yang tegas dan jelas. Tujuannya supaya bisa terlihat jelas, walau hanya sekilas.
  • Mampu memberikan gambaran jelas tentang apa bisnis Anda.
  • Cocok dan sesuai dengan merek atau nama perusahaan.
  • Jangan sering diubah dan mempunyai font yang mudah dibaca.
  • Terlihat bagus baik dalam hitam putih, atau pun berwarna.

Hallmark, yang digunakan dalam contoh pada artikel sebelumnya, mempunyai logo berupa mahkota yang begitu mudah diingat dan segera terlintas di benak konsumen setiap kali mereka ingin membeli kartu ucapan.

Elemen Kedua Branding: Ciptakan Tag Line yang Khas

Sebuah tag line adalah kalimat yang terdiri dari tiga hingga tujuh kata yang bisa disandingkan dengan logo. Tag line ini mengekspresikan semua benefit paling penting perusahaan, serta apa yang kita ingin agar diingat konsumen tentang bisnis kita. Coba pikirkan kata-kata yang Anda ingin supaya selalu ada di benak pelanggan tentang perusahaan dan apa yang bisa ditawarkan.

Tag line yang bagus selalu tidak terkesan memaksa, melainkan terkesan mengalir begitu saja. Terkadang menciptakan tag line ini pun memerlukan waktu yang tak sedikit, seperti halnya menciptakan logo. Logo dan tag line ini pun harus berjalan selaras. Waktu yang diinvestasikan untuk menciptakan tag line yang bagus ini pasti akan terbayar dengan melekatnya tag line tersebut di benak pelanggan. Tag line yang bagus bisa melekat erat dan diingat terus oleh pelanggan.

Menciptakan logo yang selaras dengan tag line adalah penting untuk menciptakan brand yang bisa menjadi image sempurna bagi perusahaan. Tujuan utamanya adalah perusahaan bisa teringat dan terlintas di benak pelanggan pertama kali sebelum merek-merek lain teringat oleh mereka. Bahkan jika perlu merek Anda bisa menghilangkan merek-merek lain sehingga merek Anda lah yang terpilih. Inilah tujuan utama branding.

Sumber:

From Karen Saunders,

Karen Saunders is the author of “Turn Eye Appeal into Buy Appeal: How to easily transform your marketing pieces into dazzling, persuasive sales tools!” Hundreds of business owners have used her simple do-it-yourself design system to create stunning marketing materials that really SELL their products and services! FREE audio classes, articles and an eCourse on design and marketing tips are available at http://www.macgraphics.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here