Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Bos Modalku Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Fintech dari OJK

Marketing.co.id – Berita Marketing | Co-Founder & CEO Modalku, sekaligus Ketua Klaster Pendanaan Produktif AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia), Reynold Wijaya, menerima penghargaan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai Tokoh Penggerak Fintech dalam Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

modalku

Penghargaan diberikan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso dan dilakukan di hadapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021 bertajuk “Momentum Reformasi Ekonomi Nasional yang Inklusif”.

Baca Juga: Modalku Perluas Akses Pendanaan Bagi Fasilitas Kesehatan

Penghargaan ini juga mengawali tahun kelima Modalku berkontribusi dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Selama tahun 2020, Modalku tetap konsisten dalam mendukung UMKM untuk mengembangkan bisnisnya serta bertahan dalam kondisi pandemi dengan menyediakan akses pendanaan.

Beberapa inovasi produk baru diluncurkan untuk menjawab kebutuhan industri yang sedang membutuhkan dukungan, seperti industri kesehatan dan pengusaha online. Selain itu, Modalku juga menyediakan solusi bagi UMKM yang terdampak bisnisnya melalui proses restrukturisasi.

Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya mengatakan, hanya dalam 4 tahun, industri ini bisa berkembang dengan baik dan menjadi contoh bagi banyak negara lain. Hal ini tentu tidak lepas dari dukungan AFPI yang selalu mewadahi kebutuhan pelaku usaha P2P lending. Arahan OJK untuk selalu bisa meningkatkan kualitas dan kontribusi P2P lending, khususnya di pendanaan produktif akan  Modalku dukung penuh.

Baca Juga: Modalku Beri Pinjaman Tanpa Agunan Untuk Pengusaha Online

“Sebuah kehormatan besar dan saya sangat berterima kasih kepada OJK yang telah sangat luar biasa dalam mengawasi dan memimpin industri fintech peer-to-peer (P2P) lending. Bersama dengan teman- teman di UMKM, kami berharap bisa membangun Indonesia yang lebih jaya,” katanya.

Grup Modalku menutup tahun 2020 dengan pencapaian penyaluran pinjaman lebih dari Rp 20 triliun kepada lebih dari 3,5 juta jumlah transaksi pinjaman UMKM di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Pencapaian ini bertumbuh hampir 2 kali lipat dibanding tahun 2019.

Dinamika perekonomian yang terjadi selama tahun 2020 turut memengaruhi kondisi bisnis di Modalku ketika para peminjam juga turut terdampak bisnisnya. Namun, Modalku secara aktif berusaha menyediakan solusi terbaik untuk bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Sepanjang tahun 2020, lebih dari 80% jumlah transaksi pinjaman disalurkan kepada pengusaha online yang memang sedang berkembang pesat. Selain itu, produk invoice financing juga tetap berkembang dan diminati UMKM.

Dari segi industri, sektor perdagangan baik itu besar maupun eceran masih mendominasi portofolio penyaluran pinjaman, terutama FMCG (Fast Moving Consumers Good) karena konsumen lebih mengutamakan memenuhi kebutuhan yang esensial, seperti makanan sehingga industri ini memiliki permintaan yang kuat. Penyaluran ke industri kesehatan juga terus berkembang seiring dengan adanya beberapa kolaborasi dengan sektor terkait.

Baca Juga: 2 Tantangan Utama UMKM Indonesia

Tahun 2021 diharapkan menjadi tahun yang berpotensi bagi kebangkitan ekonomi di Indonesia serta perkembangan bisnis Modalku. Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan, menambahkan, Modalku akan terus berinovasi dan melakukan kolaborasi untuk tetap bisa bertumbuh secara positif di tahun ini. Walaupun pandemi belum berakhir, masyarakat sudah mulai terbiasa dengan cara baru sehingga mereka memiliki keyakinan untuk bangkit bersama usahanya. Penetrasi digital yang terus meningkat juga menjadi potensi bagi bisnis Modalku di mana masyarakat sudah lebih paham mengenai manfaat fintech.

“Kami sangat bersyukur bisa turut membawa perubahan positif selama masa pandemi di tahun 2020. Kami berharap UMKM bisa terus berjuang melewati masa krisis dan kami bisa selalu menjadi fintech terpilih bagi UMKM maupun mitra kami di Asia Tenggara, khususnya Indonesia,” tutup Iwan Kurniawan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top