Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Bokeh Sinematik OPPO Reno6 Hasil Tehnologi Fotografi Komputansi

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | OPPO Indonesia hari ini mengadakan “OPPO Reno6 Imaging Workshop” sebagai kelanjutan dari peluncuran OPPO Reno 6 beberapa waktu lalu. Dalam workshop kali ini dijelaskan bahwa Profesor Marc Levoy dari Departemen Ilmu Komputer di Universitas Stanford memberikan ceramah teknis yang inovatif di mana ia berbagi visinya untuk masa depan fotografi digital. Alih-alih memperebutkan megapixel, klaim Levoy, batas berikutnya dari fotografi digital akan ditemukan dalam sebuah konsep yang disebut fotografi komputasi (computational photography). Ramalan Levoy kini menjadi sebuah kenyataan dimana konsep fotografi komputasi menyebabkan pertumbuhan pesat pada fotografi smartphone.

Computational photography disebut dapat membantu kecerdasan buatan untuk lebih mengenali detil-detil objek serta dapat menghasilkan gambar yang mendekati fotografi profesional walaupun harus tetap dilakukan pengaturan dataset besar terlebih dahulu. “Fotografi komputasional memungkinkan produsen smartphone untuk memecahkan batasan perangkat keras dengan memaksimalkan kemampuan algoritma kecerdasan buatan dan komputasi yang diproses oleh prosesor khusus seperti ISP (Image Signaling Processor). Namun, Batasan ini berhasil ditembus OPPO dengan menghasilkan komputasional tidak hanya dalam fotografi namun ke ranah videografi. Reno6, menjadikan seri smartphone pertama yang mencapai bokeh sinematik menggunakan teknik fotografi komputasi,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia di depan awak media yang mengikuti webinar OPPO Reno6 Imaging Workshop pada Senin (05/07/21).

Saat ini adalah masa dimana video pendek sudah menggantikan konten foto. Tercatat pengguna OPPO RENO di seluruh dunia merekam lebih dari 200 juta video tiap bulan dan terus bertambah tiap tahun. Namun demikian perekaman di video membutuhkan daya penyimpanan serta batere yang lebih daripada foto untuk membuat video mulus dan mempunyai efek bokeh.

Sebelumnya, untuk mencapai efek bokeh sinematik pada video, pengguna memerlukan peralatan profesional, tim profesional, dan bahkan masih memerlukan editor profesional untuk menyelesaikannya. Namun dengan Bokeh Flare Portrait Video pada Reno6, video bokeh flare sinematik memukau seperti ini dapat dilakukan hanya dengan klik satu tombol karena OPPO Reno6 mulai menggunakan AI deep learning untuk melakukan pemahaman frame-by-frame dari video untuk membedakan secara akurat antara subjek video dan latar belakang. Sistem ini dapat melakukan segmentasi subjek manusia dengan akurat dan real-time 360 derajat.

Tehnologi OPPO sendiri telah memetakan 10 juta titik database portrait untuk dapat membaca secara detil pengenalan lebih tepat kecerdasan buatan. Dengan fotografi komputasional sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja pencitraan pada produk ponsel cerdasnya maka OPPO telah membuktikannya dengan membuat terobosan signifikan dalam videografi smartphone. Kamera terbaik adalah kamera terbaik di tangan anda, jadi jangan ragu untuk ambil OPPO Reno6 dan mulailah mengambil gambar di sekitar anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top