BNP Paribas AM dan Citi Indonesia Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM

Marketing.co.id ā€“ Berita Financial Service | PT. BNP Paribas Asset Management (PT. BNP Paribas AM) dan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) meresmikan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan.

Program tersebut meliputiĀ  rangkaianĀ  pelatihanĀ  yangĀ  dilakukanĀ  secaraĀ  daringĀ  bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia. ProgramĀ  pengembanganĀ  komunitasĀ  ini merupakan inisiatif yang disusunĀ  bersamaĀ  denganĀ  AsosiasiĀ  PusatĀ  PengembanganĀ  SumberdayaĀ  Wanita (PPSW ). Program ini sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.

Melalui program tersebut, BNP Paribas AM dan Citi Indonesia ingin terlibat dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausahaĀ  paraĀ  perempuanĀ  muda Indonesia, sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka untukĀ  dapatĀ  bertahanĀ  dan memenuhi kebutuhan keluarga di tengah pandemi.

Saat ini, Program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 (empat) wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKIĀ  Jakarta.

Baca juga: Cerita Adhite Receipes Berkelit di Masa Sulit

BersamaĀ  denganĀ  PPSW, program ini akan berjalan kurang lebih selama 6 (enam) bulan. PesertaĀ  yangĀ  terpilihĀ  berkesempatanĀ  untukĀ  meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk. PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia turut memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.

Maya Kamdani, Direktur PT. BNP Paribas AMĀ  menjelaskan,Ā  diĀ  masaĀ  sulit sepertiĀ  ini kesejahteraanĀ  ekonomi menjadi hal krusial. Karena itu, pihaknya ingin mendorongĀ  perempuanĀ  untukĀ  lebihĀ  produktifĀ  danĀ  mengoptimalkanĀ  kemampuanĀ  sertaĀ  sumber daya yang mereka miliki untuk membantu menopang keluarga.

BNP Paribas - Citi Indonesia
Kegiatan Webinar PT. BNP Paribas Asset Management bersama Citibank Indonesia dan Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) yang dihadiri lebih dari 60 pengusaha muda perempuan Indonesia, Kamis (10/09/2020).

ā€œKamiĀ  inginĀ  menunjukkanĀ  kepadaĀ  masyarakatĀ  bahwaĀ  melalui produk investasi bertema SRI, kita bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat,Ā  terutamaĀ  di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. Ini jugaĀ  bagianĀ  dariĀ  upayaĀ  kamiĀ  untukĀ  meningkatkanĀ  kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produkĀ  bertemaĀ  SRIĀ  dapatĀ  menciptakanĀ  dampakĀ  positif bagiĀ  masyarakatĀ  dan perekonomian dalam jangka panjang,ā€ papar Maya.

Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia menjelaskan, dalam setiap tantangan terletak peluang. Produk Reksa Dana ini menjadiĀ  salahĀ  satuĀ  dariĀ  upayaĀ  CitiĀ  IndonesiaĀ  yang terintegrasi untuk memberikanĀ  dampakĀ  yangĀ  positifĀ  danĀ  berartiĀ  bagiĀ  komunitasĀ  diĀ  lingkunganĀ  sekitarĀ  dimanaĀ  kamiĀ  beroperasi.

ā€œHal ini sejalan dengan prinsip kami yang diinisiasi secara global, yaitu, memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik untuk generasi muda. Karena kami percaya bahwa generasi muda adalah harapan dan penggerak roda perekonomian bangsa,ā€ tutur Puni.

Baca juga: Lebih dari Dua Hari Dana Mengendap, Otomatis Masuk Reksa Dana

Sementara itu, Fitriani Sunarto, Sekretaris EksekutifĀ  AsosiasiĀ  PPSW menambahkan,Ā  generasiĀ  perempuanĀ  mudaĀ  paling adaptif terhadap perubahan. Program Pemberdayaan Perempuan Muda ini katanyaĀ  berpotensiĀ  untukĀ  mendorongĀ  perubahanĀ  dariĀ  pola hidup konsumtif menjadi produktif, yang lebih bermanfaat terutama dalam masa pandemi.

Penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250.000.000 telah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini. Donasi ini untuk membantuĀ  mengatasiĀ  kesulitanĀ  ekonomiĀ  yang dihadapiĀ  kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran signifikan. Temuan UNFPA dan UN Women (2020) menunjukan, bahwa 64% dari total pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.