Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

BNP Paribas AM dan Citi Indonesia Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM

Marketing.co.id – Berita Financial Service | PT. BNP Paribas Asset Management (PT. BNP Paribas AM) dan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) meresmikan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan.

Program tersebut meliputi  rangkaian  pelatihan  yang  dilakukan  secara  daring  bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia. Program  pengembangan  komunitas  ini merupakan inisiatif yang disusun  bersama  dengan  Asosiasi  Pusat  Pengembangan  Sumberdaya  Wanita (PPSW ). Program ini sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.

Melalui program tersebut, BNP Paribas AM dan Citi Indonesia ingin terlibat dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausaha  para  perempuan  muda Indonesia, sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka untuk  dapat  bertahan  dan memenuhi kebutuhan keluarga di tengah pandemi.

Saat ini, Program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 (empat) wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKI  Jakarta.

Baca juga: Cerita Adhite Receipes Berkelit di Masa Sulit

Bersama  dengan  PPSW, program ini akan berjalan kurang lebih selama 6 (enam) bulan. Peserta  yang  terpilih  berkesempatan  untuk  meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk. PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia turut memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.

Maya Kamdani, Direktur PT. BNP Paribas AM  menjelaskan,  di  masa  sulit seperti  ini kesejahteraan  ekonomi menjadi hal krusial. Karena itu, pihaknya ingin mendorong  perempuan  untuk  lebih  produktif  dan  mengoptimalkan  kemampuan  serta  sumber daya yang mereka miliki untuk membantu menopang keluarga.

BNP Paribas - Citi Indonesia

Kegiatan Webinar PT. BNP Paribas Asset Management bersama Citibank Indonesia dan Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) yang dihadiri lebih dari 60 pengusaha muda perempuan Indonesia, Kamis (10/09/2020).

“Kami  ingin  menunjukkan  kepada  masyarakat  bahwa  melalui produk investasi bertema SRI, kita bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat,  terutama  di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. Ini juga  bagian  dari  upaya  kami  untuk  meningkatkan  kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produk  bertema  SRI  dapat  menciptakan  dampak  positif bagi  masyarakat  dan perekonomian dalam jangka panjang,” papar Maya.

Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia menjelaskan, dalam setiap tantangan terletak peluang. Produk Reksa Dana ini menjadi  salah  satu  dari  upaya  Citi  Indonesia  yang terintegrasi untuk memberikan  dampak  yang  positif  dan  berarti  bagi  komunitas  di  lingkungan  sekitar  dimana  kami  beroperasi.

“Hal ini sejalan dengan prinsip kami yang diinisiasi secara global, yaitu, memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik untuk generasi muda. Karena kami percaya bahwa generasi muda adalah harapan dan penggerak roda perekonomian bangsa,” tutur Puni.

Baca juga: Lebih dari Dua Hari Dana Mengendap, Otomatis Masuk Reksa Dana

Sementara itu, Fitriani Sunarto, Sekretaris Eksekutif  Asosiasi  PPSW menambahkan,  generasi  perempuan  muda  paling adaptif terhadap perubahan. Program Pemberdayaan Perempuan Muda ini katanya  berpotensi  untuk  mendorong  perubahan  dari  pola hidup konsumtif menjadi produktif, yang lebih bermanfaat terutama dalam masa pandemi.

Penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250.000.000 telah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini. Donasi ini untuk membantu  mengatasi  kesulitan  ekonomi  yang dihadapi  kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran signifikan. Temuan UNFPA dan UN Women (2020) menunjukan, bahwa 64% dari total pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top