Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

BNI Gencarkan Layanan Perbankan Digital ke PMI Hong Kong

Marketing – Sebagai satu-satunya bank asal Indonesia yang mendapatkan lisensi full branch di Hong Kong, BNI berkesempatan memberikan layanan perbankan digital kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di Hong Kong. Layanan perbankan digital tersebut diperkenalkan dalam Acara Perayaan Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, di Gallery Kantor BNI Cabang Hong Kong akhir pekan lalu.

Layanan perbankan digital yang dipasarkan BNI di Hong Kong merupakan layanan perbankan digital yang juga dipasarkan di Indonesia, sehingga telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Direktur Tresuri dan Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo menyampaikan hal tersebut di Jakarta, Rabu (7 Agustus 2019).

Rico menuturkan, mayoritas nasabah BNI di Hong Kong menggunakan mesin ATM untuk melakukan transaksi tarik tunai dalam denominasi Hong Kong Dollar (HK$), pembayaran tagihan di Indonesia, dan transfer uang ke keluarga di Indonesia khususnya bagi para PMI. Tidak berhenti sampai di situ, BNI juga memperkenalkan layanan BNI Mobile Banking yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi transfer uang ke tanah air dengan tarif yang termurah sedunia.

Nasabah di Hong Kong tidak dikenakan biaya untuk transfer ke pemilik rekening BNI yang ada di Indonesia. Sedangkan, biaya transfer antar-bank hanya dikenakan HK$ 4. Tarif tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan tarif transfer uang di Hong Kong yang rata-rata mencapai HK$ 35. Dengan demikian, PMI dapat bertransaksi lebih efisien dan fleksibel kapan dan di mana saja, tanpa harus menunggu hari libur untuk mendatangi outlet bank.

Rico menambahkan, BNI memudahkan PMI untuk membuka rekening secara online melalui gadget. Setelah mendapatkan konfirmasi secara online, nasabah katanya dapat mengunjungi outlet BNI terdekat di Hong Kong untuk mengambil buku tabungan, kartu ATM, dan mendapatkan panduan terkait aktivasi dan penggunaan BNI Mobile Banking.

“BNI Hong Kong menggandeng 100 orang agen digital untuk menjangkau sekitar 150.000 PMI yang berada di Hong Kong. Sejak diimplementasikan pada bulan April 2019 lalu, BNI Hong Kong melayani rata rata 1.000 pembukaan rekening per bulannya,” ujar Rico.

Dukung Ekspor

Rico menekankan, selain layanan transaksional, BNI Hong Kong juga fokus pada transaksi trade finance, khususnya dalam mendukung ekspor Indonesia ke Hong Kong dan Tiongkok. Per Juni 2019, BNI Hong Kong mencatat aset sebesar USD 1.036 juta dengan laba mencapai USD 3,7 juta.

“Pada acara tersebut, BNI juga mengundang lebih dari 200 PMI untuk hadir dan mengikuti lomba vlog dengan dibimbing oleh konten kreator Bayu Skak yang terkenal dengan dialek jawanya,” tutup Rico.

BNIberoperasi dengan lisensi penuh di Hong Kong sejak tahun 1963. Terletak di lokasi yang sangat strategis di Kota Hong Kong, BNI Hong Kong menawarkan berbagai variasi produk perbankan baik ritel dan komersial, dengan fokus terhadap bisnis yang berkaitan dengan Indonesia. Di segmen ritel, BNI mendukung transaksi keuangan diaspora Indonesia dengan target pasar antara lain PMI di Hongkong dan Taiwan yang masing-masing berjumlah sekitar 150.000 orang dan 200.000 orang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top