Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Blibli Hadirkan Produk Unggulan UMKM Secara Eksklusif di Pameran Online ‘Beli Lokal Fest Bandung’

Beli Lokal Fest Bandung

(kiri) Fiki Satari, Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Kementerian Koperasi dan UKM saat membeli produk sepatu dalam acara Beli Lokal Fest Bandung; (tengah) Johny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika saat menggunakan Blakenheim, brand sepatu premium lokal; (kanan) Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat sedang mencoba produk sepatu dalam Beli Lokal Fest Bandung

Marketing.co.id – Berita UMKM | Blibli berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung menggelar Beli Lokal Fest Bandung secara online yang eksklusif hanya di platform Blibli pada 1–7 Desember 2021. Pameran online ini menghadirkan produk-produk unggulan 150 UMKM pilihan asal Kota Bandung.

Blibli menyiapkan laman khusus untuk Beli Lokal Fest Bandung agar pelanggan lebih mudah menjelajah dan membeli barang-barang lokal favorit. Terdapat berbagai kategori produk yang bisa ditemukan di festival belanja ini, mulai dari fashion, kesehatan dan kecantikan, kerajinan, hingga makanan dan minuman. Tidak ketinggalan, pelanggan bisa membeli produk incaran mereka dengan harga penawaran menarik berupa ekstra diskon untuk semua produk.

“Hadirnya Beli Lokal Fest Bandung secara eksklusif memperkuat komitmen Blibli yang senantiasa mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Melalui semangat #KarenaLokalNo1, yang juga menjadi bentuk dukungan kami terhadap inisiatif Bangga Buatan Indonesia dari pemerintah, kami akan terus menghadirkan lebih banyak produk-produk UMKM berkualitas yang sesuai kebutuhan pelanggan,” ujar Andreas Pramaditya, VP Galeri Indonesia Blibli.

Andreas menambahkan, Blibli menghadirkan sejumlah inisiatif berkelanjutan untuk mendukung UMKM agar lebih produktif dengan memanfaatkan channel digital secara optimal. Salah satu inisiatif yang dimaksud adalah Galeri Indonesia sebagai showcase produk UMKM terlengkap dari Blibli. “Sebagai e-commerce lokal yang mendukung lebih dari 130.000 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia, kami telah menyaksikan bagaimana mereka telah menciptakan value chain yang berharga bagi perekonomian.”

Riset yang dilakukan Litbang Kompas bersama Blibli menunjukkan bahwa 77 persen dari responden UMKM mempekerjakan orang-orang dari komunitas mereka, di mana satu UMKM dapat memunculkan hingga 5 kesempatan di lapangan kerja setempat.

“Temuan tersebut menekankan peran penting yang dimainkan UMKM bagi ekonomi Indonesia yang inklusif. Maka itu, sangatlah tepat bagi semua sektor untuk berkolaborasi untuk menjaga keberlangsungan UMKM terutama di tengah pandemi,” pungkas Andreas.

Hal ini juga yang mendorong Blibli untuk selalu bekerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga institusi keuangan, dalam menjalankan inisiatif pemberdayaan UMKM, termasuk pelatihan digital entrepreneurship dengan menyediakan tim Pendampingan UMKM lokal yang tersebar di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Beberapa sinergi yang telah dilakukan Blibli meliputi KUKM Hub (pelatihan dunia usaha dan pemasaran produk secara digital bersama Kemenkop UKM), Kakak Asuh UMKM (pendampingan dan pelatihan intensif untuk mengembangkan kapabilitas digital bagi ratusan UMKM bersama SMESCO), dan MAJU Produk Indonesia (kampanye bersama startup MAPAN untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan akan kualitas produk lokal dengan mendukung upaya transformasi digital bagi ratusan ribu UMKM).

Menyikapi kolaborasinya dengan Blibli, HJ. Siti Muntamah Oded, Ketua Dekranasda Kota Bandung, mengatakan, “Kami senang dapat berkolaborasi dengan e-commerce kebanggaan Indonesia yaitu Blibli karena Beli Lokal Fest Bandung hadir untuk mendorong geliat pemulihan ekonomi di Kota Bandung melalui pemanfaatan ruang digital oleh para UMKM. Lewat inisiatif ini, kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makin menumbuhkan rasa bangga akan produk lokal dan mengutamakan kreasi UMKM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menghadirkan merek lokal yang memanfaatkan berbagai bahan baku dengan inovatif dan berkelanjutan seperti Kailoka, memanfaatkan limbah industri Kayu menjadi Produk Olahan Kayu, lalu ada Momika, memanfaatkan daun yang jatuh lalu diambil zat warnanya untuk dijadikan produk Ecoprint, serta Blankenheim, usaha mengolah bahan baku kulit dengan tetap memperhatikan upaya menjaga lingkungan hidup”.

Seluruh 150 UMKM di Beli Lokal Fest Bandung telah melewati proses kurasi yang dilakukan secara langsung oleh Dekranasda Kota Bandung. Dengan begitu, pelanggan bisa menikmati produk berkualitas dari para pengusaha kreatif unggulan asal Kota Bandung. Salah satu UMKM yang berpartisipasi dalam festival belanja tersebut adalah Blankenheim, brand sepatu dan aksesori kulit premium yang produknya telah digunakan sejumlah menteri seperti Erick Thohir (Menteri BUMN) dan Sandiaga Uno (Menparekraf).

“Kami antusias untuk mengikuti Beli Lokal Fest Bandung karena sepanjang keikutsertaan kami di kampanye belanja dari Blibli, seperti Big Payday, Harbolnas, hingga program Stimulus Bangga Buatan Indonesia, kami terus melihat peningkatan penjualan lebih dari tiga kali lipat dibanding hari biasa. Kami harap, Beli Lokal Fest Bandung bisa menjadi wadah berkelanjutan bagi UMKM asal Kota Bandung untuk memperluas pasarnya,” kata Muhammad Ammar Maulana, Founder Blankenheim.

Selain Blankenheim, UMKM unggulan Kota Bandung lainnya yang berpartisipasi di Beli Lokal Fest Bandung di antaranya adalah Kailoka (brand jam tangan kayu), Batagor Abuy, dan Saung Angklung Udjo. Pelanggan bisa langsung mengunjungi Beli Lokal Fest Bandung di sini.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top