Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Binus University Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Siap memulai pembelajaran tatap muka sesuai arahan Mendikbudristek, Binus University bekerja sama dengan rumah sakit hingga meluncurkan aplikasi mobile khusus.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pandemi yang berlangsung sejak awal 2020 telah memaksa sektor pendidikan untuk beralih dari pembelajaran tatap muka (PTM) menjadi pembelajaran jarak jauh (online learning).

Kini berkat kondisi pandemi yang mulai membaik dibarengi dengan vaksin yang terus digencarkan, pemerintah telah mengeluarkan imbauan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka agar tidak terjadi learning loss. Yang dimaksud dengan learning loss adalah kondisi menurunnya kompetensi peserta didik yang dapat disebabkan oleh berkurangnya waktu belajar maupun hilangnya semangat belajar.

Mengingat situasi pandemi, tentunya pembelajaran tatap muka harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan. Karenanya, pemerintah menetapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi institusi pendidikan.

Menyikapi arahan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim terkait dilakukannya PTM terbatas, Binus University telah mempersiapkan serangkaian perangkat dan protokol guna mendukung berlangsungnya face to face learning yang aman.

Persiapan yang dilakukan antara lain dengan menyelenggarakan vaksin bagi seluruh Binusian dan membentuk SATGAS COVID-19 khusus di wilayah kampus. Lebih lanjut, Binus University juga meluncurkan aplikasi khusus yang dapat menampilkan informasi terkait eligibilitas tiap mahasiswa yang mengikuti PTM. Sebagai upaya antisipasi lebih lanjut, Binus University juga menyiapkan ruang evakuasi dan melakukan kerja sama dengan beberapa rumah sakit dan klinik.

Selain itu, pada saat pelaksanaan perkuliahan, tracing dilakukan secara acak dengan melakukan tes antigen kepada mahasiswa dan dosen yang ada di dalam kampus. Penerapan protokol PTM ini akan terus diawasi secara ketat agar proses pembelajaran tetap berjalan lancar.

Dengan berbagai kesiapan tersebut, Binus University siap menggelar kegiatan Pembelajaran Tatap Muka mulai akhir September 2021 di 11 kampus yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Malang.

Sebenarnya, Binus University telah lama menerapkan sistem pembelajaran multi channel. Multi Channel Learning sendiri merupakan serangkaian program pembelajaran yang dikembangkan dengan menggabungkan tiga channel utama.

Ketiga channel tersebut adalah Face to Face yakni kuliah tatap muka, Self Study yang melatih mahasiswa menjadi autonomous learner dengan mencari referensi materi selain dari dosen, dan channel E-Learning.

Guna mendukung Multi Channel Learning, Binus University juga menggelar Creative Class yang ditunjang fasilitas teknologi terkini. Bahkan, Binus University memiliki Online Campus khusus untuk layanan pendidikan jarak jauh.

Multi Channel Learning ini didukung dengan adanya Binusmaya, platform online learning yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara mahasiswa, dosen, hingga Student Service Center dan Lecturer Service Center. Learning Management System ini dikembangkan secara khusus dan dapat diakses melalui browser maupun aplikasi. Binusmaya memungkinkan mahasiswa melihat jadwal perkuliahan, mengakses materi, mengumpulkan tugas, serta berdiskusi di forum.

Keseriusan Binus University dalam mempersiapkan pelaksanaan PTM mencerminkan komitmen dan integritasnya sebagai institusi Pendidikan yang telah membina Nusantara selama 40 tahun melalui pendidikan. Hal ini sejalan dengan visinya “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top