Marketing – Saat ini, sebagian besar orang Indonesia mengalihkan semua aktivitas keseharian ke ranah digital – mulai dari membaca berita, belajar online, nikmati hiburan seluler, bahkan untuk membina tali silaturahmi dengan keluarga dan sahabat. Tak heran jika ini menjadi salah satu momen yang tepat bagi semua pemain di industri digital untuk memfasilitasi pengiklan dalam menjangkau masyarakat secara lebih efektif dan efisien.
Ya, beraktivitas dari rumah secara serempak mempengaruhi lalu lintas data secara signifikan. Berdasarkan data salah satu penyedia telekomunikasi mencatat bahwa terjadi peningkatan penggunaan data dari sekitar 5% menjadi 15%. Ini disebabkan konferensi video dan panggilan untuk mengerjakan pekerjaan dengan kolega kantor di rumah masing-masing, menonton video online, dan penggunaan media sosial pada waktu luang.
Selain itu, data lalu lintas yang diperlihatkan oleh salah satu perusahaan telekomunikasi Indonesia, menunjukkan bahwa penggunaan data karena aktivitas digital berada pada puncaknya selama masa. Misalnya, penggunaan aplikasi chatting meningkat sebesar 19 dan gim online sebesar 13%, layanan penyimpanan cloud serta layanan sistem operasi pendukung sebesar 10,4%. Kemudian, tingkat konsumsi konten melonjak 8,2%, periklanan digital sebesar 7,5%, konsumsi video online sebesar 7,3%, serta penelusuran internet sebesar 5,2%.
Oppo Indonesia sendiri pun melihat celah ini. Melalui anak perusahaan PT Digital Technology Indonesia (DTI) yang diresmikan pada Oktober 2018, secara khusus berfokus pada layanan iklan digital dalam ekonsistem pasar aplikasi OPPO yang terpadu. Bisa dikatakan, DTI adalah unit usaha B2B dari OPPO Indonesia yang menyediakan bantuan bagi perusahaan nasional dan multinasional yang memerlukan indikator kinerja lalu lintas data digital serta kesadaran brand dan produk perusahaan-perusahaan tersebut.
Brave Wang, CEO PT Digital Technology Advertising Indonesia mengatakan, “DTI melihat peluang yang belum dimanfaatkan secara penuh dalam mengeksplorasi bisnis dan perusahaan di berbagai industri. Platform media digital canggih yang terpadu terdapat di dalam ponsel pintar OPPO, seperti pasar aplikasi OPPO dan browser resmi OPPO,” papar dia.
Dia menambahkan, fitur iklan OPPO menyediakan informasi data-intensif seperti kinerja lalu lintas dan tingkat kesadaran merk dari pengguna OPPO aktif. Informasi tersebut dapat menjadi bahan pembelajaran pokok bagi pemasar dan perusahaan untuk mengetahui pasar dengan lebih tanggap.
Selain itu, dengan menduduki posisi 1 di Indonesia dan 2 di Asia, data dari bulan Maret 2020 menunjukkan bahwa fitur iklan OPPO adalah platform digital kuat yang siap menghibur dan berinteraksi dengan lebih dari 40 juta orang Indonesia pengguna OPPO aktif. Dinobatkan sebagai aplikasi pihak ke-3 teratas Android, pasar aplikasi OPPO dinikmati 18 juta lebih pengguna aktif bulanan.
“DTI menjalankan model usaha fleksibel yang menyesuaikan strategi periklanan sesuai kebutuhan perusahaan. Peran praktik Brandingnya terdiri dari Brand Image Strengthening, Branding Maintaining, Brand News Update, dan Rebranding, dengan menggunakan beragam alat cerdas seperti CPM, CPC, dan CPT. Sementara itu, peran Performance adalah untuk mempercepat angka unduhan dan pemasangan aplikasi, serta mengaktifkan kembali pengguna, menggunakan teknologi CPD dan CPI,” papar Brave.
Saat ini, perangkat seluler memainkan peran mendasar dan pokok dalam mempermudah gaya masyarakat hidup sehari-hari. DTI pun hadir untuk terus mendukung, mempromosikan, dan meningkatkan kinerja bisnis global dan korporasi lokal melalui jajaran iklan yang ditempatkan secara strategis dalam ekosistem menyeluruh OPPO. Iklan ditempatkan secara intuitif untuk meningkatkan pengalaman mobilitas OPPO secara keseluruhan.
Tak ayal, ini menjadi saat yang tepat untuk terlibat lebih kreatif dan otentik dengan konsumen. Pelaku usaha didorong untuk lebih kreatif dalam menciptakan konten berwawasan luas untuk meningkatkan kesadaran sambil menghibur pengguna OPPO melalui serangkaian fitur dan fasilitas utama yang menginspirasi kegembiraan, sekaligus tetap mengajak konsumen untuk menyaksikan kekuatan cerita melalui iklan.
“Dalam platform OPPO, sebagai platform komunikasi digital terkuat dengan jangkauan luas di negara ini, pelaku usaha dapat menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia,” tutup Brave.