LAKUEMAS Berencana Terus Mengedukasi Masyarakat Indonesia akan Pentingnya Investasi Emas di Tahun 2025
Marketing.co.id – Berita Marketing | Sepanjang 2024, emas menjadi komoditas investasi paling prospektif karena pertumbuhan harganya mencapai 30%. Sebagai aset yang sering disebut sebagai safe haven, perkembangan harga emas sepanjang tahun ini terbilang gemilang di tengah ketidakpastian ekonomi dan politik secara global.
Meski begitu, fenomena keemasan emas sebagai instrumen investasi sebenarnya tidak hanya terjadi pada tahun ini saja. Secara global, pertumbuhan nilai emas diketahui mencapai 12% per tahun dalam 10 tahun terakhir. Di Indonesia sendiri, harga emas diketahui mengalami kenaikan sebesar 68,08% selama 5 tahun ke belakang. Hal ini juga sejalan dengan nilai transaksinya yang terus meningkat.
Berdasarkan data BAPPEBTI, selama Januari hingga September 2024, nilai transaksi emas fisik secara digital mencapai Rp41,3 triliun, meningkat drastis sebesar 1.181 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang mencapai Rp3,22 triliun. Peningkatan nilai transaksi ini sejalan dengan kenaikan nilai komoditas emas secara global. Volume transaksi pada Januari hingga September 2024 juga mengalami kenaikan, dari 35.178,48 kilogram (kg) meningkat 945,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 3.365,8 kg.
Melihat fakta ini, LAKUEMAS sebagai platform yang dikenal secara luas sebagai Partner Investasi Emas terus berusaha menumbuhkan kepercayaan publik untuk berani memulai investasi emas, khususnya emas digital. Hal ini dipaparkan dalam acara media gathering yang dihelat LAKUEMAS di Restoran Harum Manis pada 28 November 2024.
Chief Executive Officer (CEO) LAKUEMAS Edy Setiawan mengatakan bahwa emas sebagai aset safe haven memang sudah sepatutnya dipilih masyarakat sebagai komoditas investasi yang aman di tengah kondisi geopolitik global, tidak terkecuali emas digital. Karena itu, LAKUEMAS hingga sekarang memiliki visi besar untuk mengedukasi masyarakat supaya berani memulai investasi emas, terutama emas digital.
“Kami berharap akan semakin banyak lagi masyarakat yang merasa aman dan nyaman untuk melakukan investasi emas digital. Supaya aman dan nyaman, penting juga bagi masyarakat untuk memilih Partner Investasi Emas seperti LAKUEMAS yang sudah memiliki izin resmi dari BAPPEBTI dan diawasi lembaga kliring seperti ICDX,” katanya.
Head of Product LAKUEMAS Tirta Sudira menambahkan bahwa sebagai platform Investasi emas digital, Lakuemas memiliki banyak keunggulan. “Berada dalam jaringan ekosistem CMK membuat kami bisa memiliki fleksibilitas tinggi dalam mengembangkan fitur-fitur terbaik bagi para pengguna kami. Kami Juga memiliki fitur unggulan yakni membership LAKUEMAS Elite yang menawarkan berbagai keunggulan seperti spread harga 1,5 persen, pencairan lebih cepat maksimal 1jam (berdasarkan tier tertentu), hingga menggunakan fitur Laku Simpan hanya mulai dari 1gram saja,” jelas Tirta.
“Selain sertifikasi dari BAPPEBPTI, LAKUEMAS juga telah memperoleh ISO 27001, yang merupakan standar internasional yang mengatur Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Dengan menerapkan ISO 27001, LAKUEMAS menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi sehingga data para penggunanya bisa terjamin aman. Di samping itu, kami juga terus melakukan improvement dengan fitur keamanan lainnya dan berusahauntuk menciptakan inovasi untuk mempermudah para pelanggan melakukan berbagai transaksi seperti beli, jual, ataupun menabung emas secara lebih praktis sertamudah,” lanjut Tirta.
Sementara itu, Brand Manager LAKUEMAS Esther Napitupulu mengatakan bahwa Lakuemas sebagai platform yang omnichannel sangat fleksibel untuk melakukan transaksi emas digital maupun emas fisik. Para pengguna juga bisa melakukan transaksi lewat gerai offline yang disebut Butik LAKUEMAS. Saat ini, Butik LAKUEMAS sudah terdapat di tiga lokasi, yakni Bekasi, Cempaka Mas, dan Pancoran.
Menurut Ester, Lakuemas saat ini menempati peringkat kedua di antara lima platform emas digital teratas yang sudah berizin resmi BAPPEBTI di Indonesia. Posisi ini didukung komitmen untuk terus relevan dengan kebutuhan pelanggan melalui inovasi berkelanjutan. Aplikasi LAKUEMAS pun sudah diunduh sebanyak 1,5 juta kali yang sebagian besarnya merupakan user aktif.
”Sepanjang 2024, kami juga aktif berkolaborasi dengan banyak partner seperti berbagai e-commerce dan brand yang punya kesamaan visi dengan Lakuemas yakni tentang edukasi dan pemberdayaan konsumen. Kami juga aktif berkolaborasi dengan brand lainnya dalam activity online maupun ofline. Kami juga terus menggelar kampanye edukasi melalui program seperti Gold Talk (Bincang Emas) dan campaign-campaign menarik lainnya yang akan direncanakan pada 2025. Di 2025, kami juga akan mencoba lebih banyak lagi melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi dan merekrut campus ambassador sehingga edukasi tentang emas digital dapat diakses lebih banyak lagi generasi muda, terutama dari gen Z,” pungkas Ester.