Salesmanship

Berubah Secara Vertikal!

www.marketing.co.id – Semua orang ingin berkembang. Tapi kenyataannya lebih mudah bicara daripada berbuat! Lalu, bagaimana kita bisa berkembang?

Cara yang terbaik dan tercepat untuk berkembang adalah dengan belajar dari orang-orang yang sudah berhasil menjalani apa yang sedang kita jalani. Jadi, daripada mencoba-coba dan bereksperimen sendiri, mengalami kegagalan, menjadi frustrasi dan kehilangan motivasi, mengapa kita tidak belajar dari orang-orang yang sudah lebih kompeten daripada kita?

Bila Anda sekarang berada pada level 1, Anda punya dua pilihan:

  • Terus mencoba bereksperimen, gagal, dan menjadi frustrasi di level 1.
  • Bertanya, berkonsultasi dan meng-copy dari orang-orang di level 1.

Bila melakukan ini (bahkan bila berhasil sekalipun), Anda akan tetap berada di level 1. Pendapatan dan kondisi Anda tidak berkembang secara signifikan

Cara yang lebih logis dan masuk akal adalah mencari pertolongan dan nasihat dari orang-orang yang sudah berada di level 2. Orang-orang ini telah berhasil melewati level 1 (mereka telah melewati tahapan di mana Anda berada sekarang ini), dan telah sukses di level 1. Itulah sebabnya mereka berada di level 2. Mereka telah menemukan cara yang benar untuk melewati level 1. Maka, sangatlah logis untuk meminta bantuan dari mereka yang sudah berada di level 2. Mereka adalah orang-orang yang paling kompeten untuk bisa memberikan nasihat paling baik pada kita.

Bila Anda belajar pada orang-orang di level 2, Anda akan dengan cepat belajar cara yang benar, memperpendek waktu belajar, mencapai sukses, serta mampu naik ke level 2 lebih cepat. Lebih baik berkembang secara vertikal (dari level 1 ke level 2) daripada berkembang secara horisontal dari level 1 ke level 1. Masuk akal? Benar, kan?

Salah! Walaupun secara logis ide ini masuk akal, dalam kenyataannya, kadang-kadang hal ini tidak praktis. Mengapa?

Karena:

  1. Orang-orang di level 2 adalah mereka yang berjuang untuk sukses di level 2. Mereka belum menemukan “rahasia” untuk sukses di level 2. Mereka dapat menasihati Anda untuk sukses di level 1, tetapi mungkin belum menemukan metode yang benar di level 2.
  2. Bila Anda berhasil dan berkembang ke level 2, mereka mungkin merasa terancam akan kehadiran Anda! Inilah sebabnya mereka mungkin enggan untuk bisa benar-benar berbagi, menolong, dan mengajar Anda.

Jadi, bagaimana?

Apa solusi terbaik bila Anda ingin berkembang secara vertikal dengan cepat ke level 2?  Satu cara paling efektif adalah mencari bantuan dari orang-orang yang sudah berada di level 3! Orang-orang di level 3 adalah mereka yang paling ideal untuk dapat membantu Anda, dan yang paling bersedia membantu Anda karena:

  1. Mereka telah menemukan cara yang benar dan telah sukses melewati level 1.
  2. Mereka telah menemukan cara yang benar dan telah sukses melewati level 2.
  3. Mereka sekarang telah berada pada level 3 dan tidak akan merasa terancam bila Anda berhasil naik ke level 2 karena mereka sudah berada satu level lagi di atas Anda!

Masuk akal?

Maka dari itu…

Inilah hal-hal yang harus Anda lakukan bila ingin berkembang secara vertikal:

1. Pada level berapa posisi Anda sekarang.

2. Siapa saja orang-orang yang Anda kenal, yang sudah berada di level 3?

3. Apakah Anda berteman dengan mereka?

  • Bila tidak, maka Anda harus berteman dengan orang-orang tersebut.
  • Bila Anda sudah berteman, maka mintalah nasihat dari mereka.

4. Setelah Anda mempelajari “rahasia”-nya, implementasikanlah dengan cepat.

5. Update dan beritahukan kemajuan Anda kepada teman tersebut secara kontinu.

6. Bila menemukan masalah, carilah nasihat mereka secara kontinu.

7.  Setelah Anda berhasil, beritahu mereka. Mereka akan merasa senang karena berhasil membantu orang lain meraih hasil yang lebih baik… dan mereka tidak akan merasa terancam dengan kehadiran Anda karena mereka masih berada di satu tingkat lebih tinggi.

Teruslah berkembang secara vertikal…

Setelah Anda mencapai level 2, apakah Anda mencari nasihat dari teman yang berada di level 2 untuk membantu Anda mencapai level 3?

Tidak!

Anda mencari orang-orang yang berada pada level 4, mencari nasihat dan meminta bantuan dari mereka supaya Anda bisa berkembang secara vertikal ke level 3.

Jadi pelajaran apa yang sudah Anda dapat?

  1. Anda mungkin harus “mengganti” teman-teman ngobrol yang sekarang. Mereka adalah teman-teman yang baik, tetapi maaf, mereka mungkin bukanlah teman yang tepat untuk membantu Anda agar dapat berkembang secara vertikal.
  2. Anda perlu berteman dengan orang-orang yang berada dua level di atas Anda. Kemungkinan, Anda merasa tidak nyaman bergaul dengan mereka pada pertama-tama kalinya karena Anda berada pada kelompok yang berbeda dan merasa menjadi orang yang lebih rendah. Tetapi orang-orang inilah yang akan membantu Anda untuk berkembang.

Jadi, tetap merasa nyaman, tapi Anda tidak berkembang,

atau

Keluar dari zona aman Anda dan teruslah berkembang secara vertikal?

Pilihannya ada di tangan Anda sendiri !

“Keluar dari zona aman dan teruslah berkembang  secara vertikl” (James Gwee T.H., MBA.)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top