Bertransaksi dan Menyimpan Uang, Tidak Lagi Tunai

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

PospayMarketing.co.id – Berita Financial Services | Kondisi sosial ekonomi masyarakat saat ini telah mengalami pergeseran, terutama semenjak terjadinya pandemi yang berlangsung sejak awal 2020 lalu.

Terjadinya pandemi yang cukup panjang menjadi sebuah tantangan bagi dunia, tidak terkecuali dengan Indonesia. Situasi ini mendorong pemerintah untuk dapat menentukan strategi kebijakan terhadap kondisi sosial dan ekonomi yang berkembang di masyarakat. Keberadaan pandemi memaksa pemerintah melakukan pembatasan aktivitas sosial, dan secara otomatis berdampak terhadap kondisi perekonomian yang sebelumnya belum pernah terjadi.

Pertumbuhan perekonomian yang negatif pun tidak dapat dihindari. Pada kuartal I di tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya tumbuh 2,97% (yoy). Hal tersebut diperkuat dengan data yang disampaikan BPS, diungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi di kuartal I tahun 2020 tersebut merupakan posisi terendah semenjak 2001 lalu.

Teknologi menjadi salah satu jalan keluar yang dapat membantu perekonomian masyarakat bangkit. Sehingga hadirnya teknologi juga berpengaruh kuat terhadap kebiasaan sosial masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian selama dan pasca pandemi. Pembatasan aktivitas sosial yang menjadi kebijakan dari pemerintah telah merubah cara masyarakat untuk melakukan interaksi sosial, budaya, hingga ekonomi.

Metode tatap muka tidak lagi menjadi sebuah keharusan bagi masyarakat untuk dapat berinteraksi, hal tersebut tergantikan dengan interaksi secara online yang didukung oleh teknologi. Tidak terkecuali dengan kegiatan perekonomian masyarakat yang juga lebih banyak dilakukan secara online.

Lembaga-lembaga perbankan dan keuangan pun mulai mengembangkan sistem digital banking untuk tetap mempertahankan roda perekonomian. Di Indonesia sendiri, pertumbuhan transaksi digital mengalami pertumbuhan sebesar 1,56%, dan tercatat bahwa transaksi uang elektronik di tahun 2021 menunjukkan angka yang cukup fantastis, yaitu sebanyak Rp 786,35 triliun.

Digitalisasi perbankan yang terjadi di Indonesia memiliki potensi yang besar karena Indonesia mampu menyerap arus digitalisasi dengan baik, selain itu terdapat tiga faktor spesifik yang mendorong terjadinya digitalisasi perbankan, yaitu peluang digital (digital opportunity), perilaku digital (digital behaviour), dan transaksi digital (digital transaction)

Berdasarkan proyeksi yang ditampilkan oleh Finder.com, di Indonesia pada tahun 2021 terdapat 25% orang yang telah memiliki rekening bank digital. Sedang hingga Oktober 2022, Bank Indonesia mencatat bahwa terjadi kenaikan sebesar 38,4% (yoy) terhadap transaksi digital. Sementara nilai transaksi dengan menggunakan uang elektronik tumbuh 20,2% (yoy) di waktu yang sama.

Perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat mendorong seluruh instansi layanan perbankan dan keuangan untuk dapat segera melakukan inovasi-inovasi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak terkecuali dengan yang dialami Pos Indonesia.

Sebagai salah satu BUMN yang juga bergerak di bidang layanan jasa keuangan, Pos Indonesia hadir menawarkan sebuah inovasi melalui produk andalannya yang disebut dengan Pospay. Aplikasi layanan keuangan digital yang diperkenalkan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) di April 2021 silam.

Hingga Maret 2023 ini tercatat, Pospay telah memiliki 4.650.102 pengunduh. Pospay terus berupaya untuk mengembangkan berbagai fitur yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya. Selain bertujuan untuk dapat menjadi solusi bagi masyarakat unbankable menikmati layanan keuangan, Pospay juga dikembangkan dengan tujuan untuk dapat menjadi one stop solution application yang dapat melayani kebutuhan layanan keuangan masyarakat, sesuai dengan kondisi sosial ekonomi yang telah terbentuk semenjak pandemi berlangsung yaitu lengkap, mudah, cepat, dan tepat.

pospayLantas, fitur Pospay apa saja yang dapat dinikmati pengguna? Pospay memiliki fitur-fitur menarik yang dapat dikatakan lebih lengkap daripada e-banking atau e-wallet pada umumnya, antara lain:

  1. Tambah Saldo

Selain dapat setor tunai melalui Kantor Pos, penambahan saldo Pospay juga dapat dilakukan dengan menggunakan Virtual Account berbagai bank.

  1. Transfer

Tidak hanya dapat diisi saldo, namun Pospay dapat pula melakukan transfer saldo, baik ke sesama pengguna Pospay, maupun transfer ke seluruh rekening Bank terdaftar di Indonesia. Layanan BI-Fast yang memungkinkan pengguna untuk transfer dengan biaya yang lebih murah pun kini dapat dilakukan melalui Pospay.

  1. Penarikan

Saldo yang terdapat dalam Pospay, senilai dengan uang. Saldo Pospay dapat juga diuangkan melalui Kantor Pos atau dapat diuangkan melalui ATM BCA dan gerai Indomaret dengan memanfaatkan fitur “Transaksi Tanpa Kartu”.

  1. Pembayaran

Pospay menyediakan fitur layanan pembayaran digital, antara lain tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan air, tagihan gas, BPJS, BPJS Ketenagakerjaan, tiket transportasi (darat, laut, dan udara), belanja online, multifinance, TV kabel, pajak, asuransi, e-tilang, PKB, hingga pembayaran SPP Universitas Terbuka.

  1. Pembelian

Pembelian layanan digital juga dapat dilakukan melalui Pospay, antara lain pembelian token listrik, pulsa dan kuota data berbagai provider, voucher streaming, voucher games, sampai penjualan tiket dari event tertentu.

  1. Top Up

Merupakan sebuah keharusan untuk dapat memiliki berbagai macam e-wallet di satu ponsel dan juga e-money untuk kelancaran bertransportasi. Pospay menyediakan layanan top up e-wallet maupun e-money dengan mudah.

  1. Pospay Syariah

25 Maret 2022 lalu, Pospay melengkapi fiturnya dengan fitur Pospay Syariah. Fitur yang memudahkan umat muslim untuk menjalankan kewajiban dalam menunaikan zakat, infaq, dan sedekah berkerjasama dengan beberapa lembaga terpercaya. Di samping itu saat ini, bersama dengan Udjo Ecoland, Pospay menyediakan layanan “Nabung Qurban” untuk memudahkan umat muslim bersiap dalam menyambut Idul Adha.

Keragaman fitur Pospay yang dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya sehingga mampu mewujudkan one stop solution application seperti yang menjadi misi Pospay. Fitur yang disediakan inilah yang dianggap mampu menjadi kekuatan Pospay untuk dapat bersaing dengan aplikasi sejenis lainnya. (Indhira Primadhany)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here