Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

Bersaing melalui Lompatan Inovasi yang Revolusioner

sepatu adidas webDi dunia sepatu, inovasi pun terus bergulir. Termasuk pemanfaatan teknologi sepatu terbaru.

Persaingan industri sepatu di Indonesia masih berlangsung sangat ketat. Adidas terus dibayang-bayangi oleh pesaing lama yang juga musuh bebuyutannya, Nike. Brand Adidas tak bisa berdiam diri dan melenggang dengan tenang. Bertumpu pada kekuatan inovasi, Adidas berhasil mengembangkan kinerja mereknya dengan baik.

Dalam Top Brand kali ini, untuk segmen perlengkapan pribadi di kategori sepatu olahraga, Adidas mendapatkan urutan pertama. Dilihat dari data Top Brand, Adidas mendapatkan Top Brand Index (TBI) dengan persentase 28,6 persen, diikuti oleh pesaing lamanya, Nike, di posisi kedua dengan TBI 13,3 persen, dan tempat ketiga diduduki oleh Bata dengan persentase 7 persen.

Kinerja merek yang stabil tak lepas dari komitmen Adidas untuk selalu memberikan yang terbaik kepada para konsumen. Benjamin Hendradjasa, Country Manager Adidas Indonesia, mengatakan bahwa sebelum brand Adidas terjun ke masyarakat, mereka memastikan dulu karyawan dan stakeholder terkait memiliki integritas yang tinggi. Nilai integritas ini akan meningkatkan kinerja dalam satu tim besar yang solid. Sehingga, Adidas dapat memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Integritas tim yang solid membawa Adidas untuk selalu membuktikan keseriusannya dalam mengakomodasi kebutuhan setiap konsumen. ”Produk-produk terbaik Adidas tidak hanya dijual untuk para profesional saja, tetapi juga untuk seluruh masyarakat yang hobi dan senang melakukan aktivitas olahraga, sebagai bagian dari tujuan dalam meraih kesehatan,” kata Benjamin. ”Tentu saja kami memadukan teknologi dan materi yang berkualitas dalam menciptakan berbagai produk Adidas,” lanjutnya.

Inovasi mempunyai peran yang sangat penting. Brand Adidas selalu mengedepankan pengalaman dan riset bertahun-tahun untuk menciptakan produk-produk yang revolusioner. Inovasi yang dilakukan oleh Adidas beberapa waktu terakhir ini sangat berpengaruh pada perkembangan produk-produk mereka.

Benjamin mengatakan bahwa inovasi Adidas berfokus pada keamanan dan kenyamanan pemakai sepatu dalam berolahraga. Brand ini sangat memedulikan aspek tersebut. Salah satu inovasi Adidas adalah menciptakan produk sepatu lari yang mengedepankan pentingnya pemilihan sepatu yang tepat dan sesuai dengan bentuk tipe kaki.

Seperti beberapa teknologi yang diterapkan pada sepatu lari Supernova Glide—sepatu yang tepat untuk pemilik tipe kaki underpronator (condong ke arah dalam) dan tipe kaki normal. Dilengkapi dengan teknologi adiPRENE yang berfungsi untuk meredam daya benturan di saat kaki mendarat dan adiPRENEÅ sebagai bantalan di bagian tengah sepatu untuk memberikan respons yang dinamis dalam berlari. Teknologi FORMOTION 3D di bagian tumit memberikan keleluasaan pergerakan dan transisi kaki di saat berlari.

Fitur lain juga terdapat pada sepatu bola Predator X yang menjadi produk unggulan Adidas tahun 2009. Sepatu ini menggunakan teknologi PowerSpine yang memberikan kekuatan lebih kepada para pemain dengan mengoptimalkan tenaga ketika melakukan tendangan gol. Brand Adidas selalu melakukan inovasi dan riset secara profesional serta berkala untuk semakin meningkatkan kepuasan pelanggan. “Sebagai contoh, Adidas menggunakan pemain bola Zinedine Zidane, Gerrard, Raul, dan Van Bommel, dalam menguji kualitas dan kekuatan Predator X,” kata Benjamin.

Sebagai mitra resmi penyedia bola sepak pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Adidas melakukan inovasi pada bola sepak yang diberi nama Jabulani. Teknologi yang diterapkan dalam bola Jabulani adalah “Grip’n’Groove”. Teknologi ini membantu bola sehingga dapat melesat dengan baik dan mudah digiring dalam berbagai kondisi.

Untuk mempromosikan produknya, Adidas menggunakan pendekatan yang lebih personal kepada konsumen dalam komunikasi melakukan kegiatan-kegiatan BTL dan melalui pelayanan di Adidas Store. Menurut Benjamin, konsumen saat ini lebih kritis dalam menentukan pilihan. “Brand Adidas melihat ini sebagai perkembangan yang baik. Adidas menjawab dengan memberikan komunikasi yang lebih jelas, seperti menjabarkan keunggulan produk dan kebaikan penggunaan produk untuk para konsumen,” kata Benjamin. “Adidas mengaplikasikan sistem komunikasi ini pada media ATL dan pendekatan BTL,” sambungnya.

Tak hanya itu, Adidas juga memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana berkomunikasi dengan konsumen. Brand Adidas menggunakan teknologi ini sebagai salah satu strategi marketing. Antara lain melalui jejaring sosial seperti Facebook, dengan meluncurkan fan page Adidas Indonesia pada November lalu. Upaya ini mendapat antusiasme yang baik dari masyarakat, terutama konsumen loyal kami. Dengan menggunakan Facebook, Adidas memberikan informasi terbaru secara rutin. Media ini juga dipakai sebagai ruang berinteraksi antara Adidas dengan para konsumen loyal. Selain itu, Adidas juga menggunakan website global untuk mempromosikan produknya untuk kategori olahraga dan fesyen.

Dengan kompetisi yang cukup ketat saat ini, Adidas melihat kompetitor di pasar—baik global maupun lokal—sangat aktif mengembangkan produk-produknya. “Brand Adidas terpacu untuk menciptakan produk-produk revolusioner, dengan mengedepankan teknologi terkini untuk kenyamanan konsumen dalam berolahraga,” pungkas Benjamin. (Majalah MARKETING/Leonardus Meta Noven)

5 Comments

5 Comments

  1. evi

    June 28, 2011 at 17:42

    Untuk aerobik, sepatu paling enak emang Adidas. ringan dan lentur. modelnya juga seru2

  2. Farij

    July 29, 2016 at 10:54

    Sepatu Adidas selalu berinovasi sehingga bisa selalu bersaing dengan merek terkenal lainya, sepatu aidas ringan dan jadi kebanggan sepatu yang menjadi icon piala dunia

  3. Aqiqah Jakarta

    April 1, 2017 at 21:00

    Brand Adidas selalu mengedepankan pengalaman dan riset bertahun-tahun untuk menciptakan produk-produk yang revolusioner

  4. Jasa aqiqah di jakarta

    April 4, 2018 at 10:00

    The best deh pokokonya Adidas,selalu memberikan inovasi terbaru dengan menampilan model-model terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top