Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Berpacu dengan Waktu

Dunia marketing adalah dunia yang sangat kreatif, sensitif dengan pasar, dan selalu mengikuti tren. Oleh karena itu, bergerak dibidang marketing harus memiliki wawasan dan pandangan yang luas serta berfikir jauh ke depan.

Dunia marketing juga terkait erat dengan deadline dan time to market. Jika ada perkembangan baru di pasar, jangan sampai terlambat masuk pasar khususnya yang berkaitan dengan produk baru. Selain itu, dalam melakukan perencanaan atau membangun sistem, sebaiknya jangan terlalu lama untuk menghindari ketertinggalan dan terambilnya pasar oleh kompetitor. Di sinilah pentingnya time to market dan mengikuti perkembangan zaman.

“Kita harus mampu mengantisipasi keadaan jangan sampai tertinggal dengan yang lain. Bahkan, kita harus bisa bergerak mendahului perkembangan yang saat ini sedang terjadi,” ujar Vivin Arbianti Gautama, Product Development & Marketing Head Generali Indonesia.

Menurut Vivin, dunia marketing sudah pasti memperhatikan apa yang terjadi di pasar. Tidak hanya memperhatikan kompetitior, tapi juga harus bisa memenuhi permintaan pasar. Walaupun terkadang konsumen belum memiliki ‘demand’, sebagai perusahaan kita sudah harus bisa menciptakan inovasi untuk menciptakan demand itu sendiri.

Di sini kreativitas adalah kuncinya. Banyak sekali kreativitas yang dapat dijalankan di dunia Marketing, seperti event, social media, sponsorship dan masih banyak lagi. Tantangannya adalah deadline dan kecepatan, misalnya saja event harus cepat digaungkan di social media, jangan sampai tertunda atau terlambat.

Untuk mengantisipasi tantangan tersebut, lulusun FISIP UI (Komunikasi) tahun 1997  ini mempersiapkan tim yang kuat dalam menghadapi deadline. Keragaman dalam tim pun menjadi perhatiannya, di mana dalam satu tim harus memiliki skill/kemamapuan yang berbeda-beda untuk membangun kreativitas, ide dan saran yang beragam. 

“Sumber daya itu sangat penting di dunia marketing. Kami menghindari kekurangan sumber daya karena kami sangat berpacu dengan waktu. Kecepatan dan kerja tim juga menjadi hal yang sangat diprioritaskan agar pesan dan tujuan marketing dapat tercapai,” lanjutnya.

Saat ini, Generali merupakan perusahaan TOP 3 terbesar di dunia, khususnya di Eropa dan Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri, Generali baru 9 tahun berdiri dan telah menduduki peringkat ke 6. “Kami targetkan dapat masuk 3 besar dalam waktu dekat. Melalui perkembangan teknologi dan inovasi, baik yang sudah berjalan dan yang akan kami persiapkan, kami yakin visi tersebut dapat tercapai,” pungkas Vivin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top