Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Berlibur di Kepulauan Seribu (2)

Berlibur ke salah satu Kepulauan Seribu akan menambah pengetahuan Anda di bidang bahari, sejarah maupun flora dan fauna.

Selain itu juga dapat menjadi wahana untuk menyalurkan kegemaran atau ketertarikan di luar rutinitas yang selama ini anda jalani. Artikel ini adalah lanjutan dari Berlibur di Kepulauan Seribu (1).

Setelah sebelumnya penulis menceritakan tentang Pulau Kelor, Pulau Cipir, Pulau Onrush, Pulau Rambut dan Pulau Bokor, kini akan dibahas pulau-pulau lainnya di Teluk Jakarta yang juga dapat dikunjungi. Pulau-pulau tersebut antara lain:

 3.  Pulau Untung Jawa

Selesai mengunjungi Pulau Rambut dan Pulau Bokor, anda bisa singgah di Pulau Untung Jawa atau “Amiterdam” untuk beristirahat ataupun bermalam. Pada tahun 2002 Pulau Untung Jawa dinobatkan sebagai Desa wisata nelayan oleh pemerintah.

4.  Pulau Tidung

Pulau yang berada dibagian selatan Kepulauan Seribu ini terkenal dengan jembatan yang menghubungkan antara pulau Tidung Besar dengan Tidung Kecil. Penghubung kedua pulau itu dinamai ‘Jembatan Cinta’ karena bentuknya sedikit cekung seperti lambang hati.

Menurut kepercayaan setempat, apabila dua orang kekasih melewati jembatan ini dengan bergandengan tangan konon hubungan kasih mereka kaan langgeng dan bagi yang masih melajang, dengan terjun dari atas jembatan dipercaya akan segera mendapatkan jodoh. Benar atau tidak, apabila anda memiliki cukup keberanian silahkan membuktikannya.

 5.  Pulau Pari

Berada di bagian utara Kepulauan Seribu, pulau yang lebih dikenal sebagai tempat penelitian dan konservasi terumbu karang oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mempunyai luas sekitar 40 hektar ini memiliki hamparan pasir putih yang indah.

6.  Pulau Pramuka

Selain sebagai ibu kota kabupaten kepulauan seribu yang memiliki fasilias lengkap seperti gedung pemerintahan, sekolah, mesjid, lapangan volly, kantor informasi dan rumah sakit, pulau Pramuka merupakan pulau konservasi alam dimana anda bisa melihat secara dekat penangkaran penyu sisik dan pembibitan pohon bangkau.

 7.  Pulau Kelapa dan Tanjung Harapan

Pulau kelapa sebenarnya terdiri atas 3 gugusan pulau yakni pulau Kelapa Kecil, pulau Kelapa besar dan pulau Tanjung Harapan, dimana ketiganya terhubung dengan tanggul pasangan batu kali yang sekaligus berfungsi sebagai jalan utama.

Untuk mengunjungi pulau-pulau di kepulauan seribu, anda bisa naik kapal dari Pelabuhan Marina dengan jenis kapal kerapu/ kapal cepat atau menggunakan kapal kayu/ nelayan lewat Pelabuhan Muara Angke dan Muara Kamal (Jakarta Utara), Rawa Saban dan Tanjung Pasir (Tangerang).

Kapal reguler untuk tujuan bagian selatan berhenti sampai P. Tidung dan untuk bagian utara hanya melayani hingga P. Kelapa, apabila ingin menjelajah pulau-pulau lainnya seperti P.Macan, P.Putri, P.Hantu, P.Perak, dst, Anda bisa menyewa kapal nelayan (Wedhya Wardani).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top