Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Berlibur di Kepulauan Seribu (1)

Tak hanya menghirup udara pantai yang segar, berlibur ke salah satu Kepulauan Seribu akan menambah pengetahuan Anda di bidang bahari, sejarah maupun flora dan fauna.

Selain itu juga dapat menjadi wahana untuk menyalurkan kegemaran atau ketertarikan di luar rutinitas yang selama ini anda jalani, seperti; fotografi, memancing, berenang, menyelam, bermain flying fox atau banana boat.

Berikut pulau-pulau di Teluk Jakarta yang bisa anda kunjungi:

 1.   Pulau Kelor – Pulau Cipir – Pulau Onrush

Ketiga pulau ini merupakan saksi bisu masa kejayaan dan jatuhnya VOC.  Hanya dibutuhkan waktu seharian untuk berkeliling dengan menyewa perahu nelayan dari pelabuhan Muara Kamal ataupun Muara Angke.

Di Pulau Kelor atau Pulau Kherkof terdapat Benteng Mortello yang dibangun dengan material batu merah.  Di sebelahnya adalah Pulau Kuiper atau yang lebih dikenal sebagai Pulau Cipir/Khayangan, disini banyak dijumpai puing-puing bangunan tua juga beberapa meriam peninggalam masa kolonial.

Sedang Pulau Onrush atau Pulau Kapal dulunya merupakan benteng pertahanan terdepan sebelum masuk ke Teluk Jakarta. Di pulau ini banyak ditemukan benda-benda arkeologi, puing-puing bangunan/benteng, juga makam yang ditulis dalam bahasa Belanda.

 2.   Pulau Rambut – Pulau Bokor

Pulau Rambut merupakan kerajaan bagi para burung, dengan luas areal sekitar 45 hektar pulau ini merupakan suaka margasatwa dimana puluhan spesies burung yang terdiri atas burung air dan burung hutan tinggal dan membangun sarangnya diantara pohon-pohon juga hutan bakau.

Bagi para pecinta burung anda wajib mengunjungi Pulau Rambut karena selain bisa melihat tarian burung-burung laut yang beterbangan, beberapa burung yang dinyatakan langka seperti burung ‘Sikatan Bakau’ [Cyornis Rufigastra], ataupun spesies yang terancam punah ‘Bangau Bluwok’ [Mycteria Cinerea] hidup di pulau ini.

Cagar Alam Pulau Bokor letaknya berdampingan dengan Pulau Rambut, mempunyai luas areal sekitar 15 hektar dan dipenuhi oleh lebatnya hutan tropis, merupakan tempat yang nyaman bagi  ular bercincin emas. Ular jenis ini adalah ular dengan tingkat bisa/racun level menengah. Apabila tergigit sang penderita akan demam sekitar dua hari hingga tiga minggu.

Anda dapat membaca  kisah lanjutan tentang pulau-pulau yang dapat dikunjungi di Teluk Jakarta, antara lain Pulau Kelapa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa dan Tanjung Harapan di artikel “Berlibur di Kepulauan Seribu (2)”.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top