Portal Lengkap Dunia Marketing

XX Excellent Service

Berkomunikasi Dengan Pelanggan Anda

Ist

Marketing.co.id- Komunikasi merupakan kunci dari pertumbuhan sebuah bisnis. Tanpa komunikasi yang kuat antara Anda dan karyawan dan pelanggan, bisnis Anda tidak akan berkembang.

Banyak pemilik bisnis yang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa komunikasi hanyalah sebuah obrolan sesekali dengan karyawan mereka atau mengirim email sesekali ke pelanggan.

Sayangnya, sesekali mengirimkan newsletter kepada pelanggan tidak cukup untuk menjaga pelanggan untuk setia dan tertarik. Bahkan konsumen generasi baru- generasi Z (juga dikenal sebagai generasi internet) umumnya tidak loyal terhadap sebuah merek. Sebaliknya, mereka setia kepada orang-orang yang berkomunikasi secara teratur dengan mereka.

Generasi ini dapat berinteraksi dengan bisnis Anda. Tidak ada cara terbaik untuk membuat mereka datang kembali kecuali dengan membuat mereka senang berinteraksi dengan Anda secara keseluruhan. Generasi Z di pimpin oleh komunikasi (terutama online) dan mereka akan mengalihkan perhatiannya jika anda tidak berkomunikasi seefisien pesaing Anda.

Sebagai pemilik bisnis, ini berarti Anda harus merubah strategi komunikasi anda dengan pelanggan. Terutama dari pemasaran tradisional (TV, radio, dan surat kabar)  untuk berkomunikasi dengan generasi yang di pimpin oleh konten online dan interaktif ini.

Pemilik bisnis yang ingin membuat perubahan dari komunikasi tradisional ke komunikasi digital, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat blog.

 Sebuah blog memungkinkan Anda untuk berbicara banyak tentang merek Anda. hal ini memungkinkan pelanggan anda untuk menanggapi secara publik dan merupakan cara yang bagus untuk membangun profil bisnis online anda, karena juga bisa dibagi ke seluruh media sosial (bisnis anda tidak harus memiliki halaman Facebook sendiri untuk membagikannya).

Perubahan dalam platform komunikasi juga dapat diterapkan pada orang-orang yang melakukan bisnis bukan hanya dengan pelanggan. Anda dapat membangun hubungan dengan afiliansi dan  berkomunikasi dengan menggunakan platform terbuka.

Jadi, bagi Anda yang baru menggunakan komunikasi online, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai dan membuat perubahan. Ketika datang ke pelanggan anda mulai dengan blog dan lakukan segala sesuatunya dari sana. Ketika datang ke rekan bisnis anda, selalu berpikir tentang cara-cara yang lebih pribadi untuk membangun hubungan.

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top