Berkat Data, Wingz O Wingz Sukses Sukses Penuhi Permintaan Pelanggan Online

Marketing.co.id – Berita UMKM | Wingz O Wingz memulai perjalanannya dari keingintahuan Fery Yoga, sang pemilik, untuk mempopulerkan sajian sayap ayam (chicken wings) yang belum terlalu dikenal, dengan menambahkan beragam jenis rasa bumbu sebagai pelengkap.

Di awal bisnisnya, Fery Yoga harus bekerja keras hanya untuk mengumpulkan pemasukan dan membayar biaya sewa, yang juga dibantu oleh usaha sampingannya membuka jasa bimbingan belajar. Singkat cerita, ketika Wingz O Wingz membuka cabang ketiganya di Antapani, saat itu Wingz O Wingz resmi mendaftarkan diri sebagai mitra merchant GrabFood dan mulai menjajaki platform online untuk strategi penjualan dan pemasarannya.

Di awal tahun 2020, Wingz O Wingz baru saja membuka cabang di Bojongsoang yang relatif lebih kecil, dimaksudkan untuk fokus melayani pengantaran online. Bertepatan dengan pembukaan cabang itu, pandemi pun melanda Indonesia dan mengubah rencana bisnis Wingz O Wingz.

Kondisi ini menuntut bisnisnya untuk beradaptasi dan tetap relevan bagi konsumennya yang saat ini tidak bisa makan di gerai karena pembatasan fisik. Melalui GrabFood, Wingz O Wingz menciptakan inovasi set menu makanan beku yang memungkinkan konsumennya menyiapkan hidangan chicken wings favorit mereka di rumah.

Wingz O Wingz juga mendapatkan dukungan lainnya dari GrabFood, yang mendorong mitra merchant untuk selalu mengikuti protokol kesehatan pada setiap transaksi bisnis yang dilakukan setiap hari. Fery Yoga mengatakan, tim GrabFood memfasilitasinya dengan peralatan medis seperti thermo gun dan kartu pencatatan suhu bagi mitra pengemudi guna mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap protokol kesehatan. Strategi ini telah membawa adaptasi yang mulus dan lancar bagi Wingz O Wingz selama menghadapi pandemi. Cabang baru di Bojongsoang ini juga berhasil menjadi gerai yang memiliki jumlah pemesanan online yang kompetitif dibandingkan dengan gerai lainnya.

Selain inovasi menu dan penerapan protokol kesehatan, Wingz O Wingz juga aktif mempromosikan varian paket baru melalui GrabFood untuk menarik lebih banyak konsumen. Marketing Manager Wingz O Wingz M. Muhlis mengatakan bahwa Wingz O Wingz berkomitmen untuk tetap relevan bagi konsumen setianya dengan menghadirkan berbagai pilihan paket menu best deal di masa pandemi ini. Dengan menggunakan GrabAds, iklan yang ditargetkan Wingz O Wingz dapat menjangkau lebih banyak konsumen baru karena fitur ini mampu menargetkan konsumen yang sudah menyukai hidangan ayam tetapi belum mengenal produk Wingz O Wingz sebelumnya.

Setelah setahun pandemi, Wingz O Wingz berhasil membuka dua cabang baru di wilayah Kopo dan Ujungberung dengan menerapkan segala inovasi dan adaptasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Rencana ekspansi ini dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, khususnya di wilayah Bandung Timur. Ketika memutuskan untuk memperluas cabang ini, tim pemasaran Wingz O Wingz mengamati antusiasme konsumen melalui interaksi di media sosial, dan data distribusi pesanan GrabFood.

Melalui data ini, Wingz O Wingz dapat mengidentifikasi daerah mana yang relatif jauh dari kota namun memiliki penjualan yang cukup tinggi. Dengan informasi tersebut, Wingz O Wingz yakin dapat membuka gerai baru di Kopo dan Ujungberung agar lebih dekat dengan konsumennya dan memangkas ongkos kirim mereka.

Muhlis menyadari pentingnya memanfaatkan peluang dalam kesempatan apa pun, “Kami memulai bisnis dengan banyak rintangan, Wingz O Wingz menyadari bahwa mempertahankan bisnis yang sudah berjalan justru menjadi misi yang lebih menantang. Dengan bantuan teknologi digital, kami dapat mengamati perilaku konsumen kami dengan lebih mudah. Media sosial maupun GrabFood telah memberi kami bukti serta data yang akurat tentang permintaan konsumen kami. Datanya sudah tersedia, tinggal bagaimana kami memanfaatkannya untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dengan produk yang juga relevan untuk mereka. Pada akhirnya, semua strategi ini akan mendukung rencana ekspansi bisnis kami ke depannya,” tutup M. Muhlis.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.