Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Berhasil Kurangi Emisi Hingga 70%, Signify Capai Netralitas Karbon

Marketing.co.id – Lifestyle Green Environment selalu menjadi issue yang menarik. Adanya perubahan iklim, demografis, urbanisasi serta kelangkaan sumber daya tetap menjadi pekerjaan rumah bagi dunia.  Komitmen perusahaan beralih ke tehnologi terbarukan atau tehnologi ramah lingkungan telah mulai dilakukan sejak lama dan tahun 2020 tinggal menghitung waktu untuk menuntaskan komitmen tersebut. Namun di tengah pandemi Covid-19 ini hal tersebut rasanya mustahil akan bisa diselesaikan. Signify sebagai salah satu perusahaan yang telah menggunakan tehnologi 3D  print untuk produknya, akhirnya telah berhasil mencapai netralitas karbon untuk semua lini produksinya pada September 2020 ini. Setelah mengurangi emisi operasionalnya lebih dari 70% sejak tahun 2010, dan kemudian beralih ke tehnologi hemat energi, akhirnya mereka bisa menciptakan sebuah produk yang ramah lingkungan, dapat didaur ulang dan mengurangi separuh emisi global.

Apa itu Netralitas Karbon yang dicapai oleh Signify? Pabrik Signify telah mengimplementasikan penggunaan energi yang efisien sebesar 46% dan menggunakan 100% listrik terbarukan. Pada sisi logistik, Signify lebih banyak menggunakan pengiriman melalui jalur laut karena mengurangi emisi sebesar 34% daripada menggunakan pengiriman jalur udara. Penggunaan jalur laut juga meningkatkan efisiensi operasional logistik. Terakhir hal yang dicapai dalam netralitas karbon adalah merubah perjalanan dinas dengan mengurangi perjalanan tidak penting dan lebih peduli kesehatan saat bepergian. Hal ini dapat mengurangi emisi sebesar 80%.

CEO Signify, Eric Rondolat. Foto: Istimewa.

CEO Signify, Eric Rondolat, yang ditemui saat konferensi media secara daring bersama awak media dari seluruh dunia mengatakan bahwa, “Bebas netralitas karbon adalah sebuah pencapaian yang signifikan bagi kami. Pencapaian ini bukan merupakan waktu yang sebentar dan kami tidak berhenti sejenak untuk merayakan, namun kami justru lebih ambisius dan lebih mempercepat upaya untuk mengatasi tantangan yang ada. Kami berkomitmen akan melampaui netralitas karbon serta menggandakan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat sampai tahun 2025.”

Setelah mencapai netralitas karbon maka Signify melanjutkan program keberlanjutan seperti; (a) melakukan percepatan Perjanjian Paris, (b) menggandakan pendapatan hingga 32%, (c) menggandakan pendapatan untuk kehidupan yang lebih baik, melalui inovasi yang menguntungkan bagi masyarakat, sebesar 32%, (d) menggandakan komitmen terhadap keberagaman dan inklusi serta menggandakan kepemimpinan wanita sebesar 34%.

Helen Clarkson, CEO The Climate Group yang juga hadir dalam konferensi media daring mengungkapkan, “Kami telah bekerjasama dengan Signify selama lebih dari 10 tahun untuk mempercepat adopsi global pencahayaan LED hemat energi. Adalah sebuah pencapaian yang luar biasa bagi mereka dapat mencapai bebas netralitas karbon pada tahun 2020 ini. Tahun ini merupakan tahun yang berat karena selain adanya pandemi Covid-19 yang menimpa hampir seluruh negara di dunia, kami juga membutuhkan lebih banyak perusahaan yang dapat menetapkan komitmen seperti Signify dalam menetapkan target nol bersih mereka sendiri. Tahun 2020 adalah dekade iklim karena semakin rentannya pemanasan global dan kita harus mengurangi separuh emisi global sampai tahun 2030.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top