Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Berdayakan Guru di Indonesia, PGRI & Microsoft Luncurkan Gurulympics 2020

Marketing.co.idBerita Digital & Techno | Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Microsoft baru-baru ini meluncurkan Gurulympics 2020, sebuah program lanjutan dari Training of Trainers (TOT) untuk mendorong semangat belajar dan inovasi para guru di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

Program TOT, merupakan program inisiatif dari Microsoft dan PGRI yang ditujukan untuk pengembangan kompetensi tenaga didik.  Inisiatif ini pertama kali dilaksanakan pada Juni 2020 dan diikuti oleh 6.985 guru. Hingga kini,  TOT telah diikuti oleh lebih dari 100.000 guru, mulai dari jenjang TK sampai Perguruan Tinggi dari 34 provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di 13 negara.

“Kami membuat teknologi lebih mudah diakses serta meningkatkan keahlian teknologi informasi guna membantu sektor pendidikan bergerak maju pada saat yang penuh perubahan. Kami harap acara ini dapat menjadi akselerator teknologi di bidang pendidikan dan menjadi bukti nyata sumbangsih Microsoft untuk memberdayakan negeri ini,” kata Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Baca juga: Microsoft Dukung Startup Melalui Inisiatif Highway to A 100 Unicorns

Salah satu peserta program TOT Kamaludding, guru SMP di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Terlepas dari tantangan yang dia hadapi yaitu jaringan Internet yang kurang baik, tidak menyurutkan tekad beliau untuk belajar dan bergabung dalam Program TOT.

“Melalui Program TOT Saya tidak hanya belajar tentang pengoperasian aplikasi Microsoft 365 namun juga berkesempatan bertemu secara virtual dengan guru-guru lainnya di mana kami saling membantu bertukar pengalaman mengajar, berbagi tips dan ide mengajar dengan memanfaatkan teknologi Microsoft serta informasi lainnya,” kata Kamaludding.

Microsoft Indonesia

Microsoft Indonesia

“Sungguh merupakan suatu pengalaman yang berharga dan bermanfaat tak hanya bagi Saya tapi juga bagi para murid yang menerima pengajaran dari Saya. Kelas yang Saya ajar menjadi begitu interaktif walaupun dilaksanakan secara virtual, dan tugas-tugas yang Saya berikan dapat dengan mudah Saya pantau berkat bantuan teknologi Microsoft,” tambahnya.

Kamaludding merupakan salah satu guru yang mengikuti kelas Guru Inovatif Sulsel 1 yang dibimbing oleh master trainer Syamsul Rijal, yang juga Kepala Sekolah di SMPN 13 Sinjai dan sebelumnya telah menyelesaikan program TOT lebih dulu.

“Guru yang sudah memperoleh pelatihan dapat menginspirasi dan membimbing guru yang lain merupakan efek bola salju yang diharapkan dari program TOT yang pada akhirnya dapat terus menyebar hingga ke seluruh pelosok Indonesia”, kata Syamsul.

Baca juga: BCA Beri Pelatihan Guru Sekolah Binaan

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Unifah Rosyidi, program Gurulympics dan TOT akan membantu para guru se-Indonesia meningkatkan kreativitas serta menguatkan kolaborasi dengan para siswa.

“Kami bangga bisa bekerja sama dengan mitra seperti Microsoft untuk memajukan dunia pendidikan nasional dengan akses ke teknologi standar dunia. Kami ingin anak-anak kami siap maju ke tingkat berikutnya dengan pengetahuan terkini,” ujar Unifah.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top