Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Berbisnis Dengan Modal Sedikit

shutterstock_252909271Anda lelah bekerja kantoran dengan beban kerja yang sangat banyak? Belum lagi harus berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam? Jika memang sudah tak menyukai bekerja kantoran, mungkin wiraswasta adalah jalur yang dapat Anda tempuh. Untuk memulai berwirausaha tak melulu dibutuhkan modal yang besar. Cukup dengan uang tabungan Anda hasil banting tulang di kantor, Anda bisa memulai untuk berwirausaha, yang penting Anda harus kreatif untuk melihat peluang mana yang bisa dimasuki.

Untuk membantu Anda yang ingin berbisnis dengan modal sedikit, berikut ini kami berikan tiga jenis usaha yang dapat Anda pilih.

1. Reseller Produk
Ini mungkin merupakan jenis usaha yang tidak memerlukan banyak modal. Anda cukup bermodal koneksi dan keahlian memasarkan produk, baik secara nyata maupun online. Intinya dalam bisnis ini adalah Anda bertindak sebagai penjual barang, sama seperti penjual barang pada umumnya. Hanya, perbedaannya adalah Anda tidak perlu memproduksi barang itu sendiri, melainkan mengambil barang itu dari toko lain atau produsennya.

Dalam sistem reseller, berarti Anda harus mencari produsen atau toko yang produknya banyak diminati oleh konsumen. Lalu, Anda menghubungi toko atau produsen tersebut dan meminta izin untuk menjadi resellernya. Jika diizinkan, Anda dapat memilih produk apa saja yang Anda mau jual kembali, dan membayar produk itu dengan harga yang di bawah pasaran. Untuk harga jualnya kembali, Anda bisa menyamakan dengan harga yang ditetapkan oleh produsen/toko tersebut, atau bisa menaikkannya sedikit.

2. Dropship
Konsep dropship hampir sama dengan reseller. Perbedaannya adalah dalam dropship Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang terlebih dahulu. Anda cukup meminta katalog produk dari produsen atau toko yang diinginkan, kemudian Anda mempromosikan atau menjual barang tersebut melalui diri Anda sendiri. Jika ternyata ada orang yang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, barulah Anda meminta produsen atau toko barang tersebut untuk mengirim barang yang dimaksud kepada pembeli, dan Anda akan mendapatkan biaya sekian persen dari hasil barang yang berhasil Anda jual.

Jenis usaha ini lebih irit modal dibandingkan reseller. Bahkan, bisa jadi justru Anda tak mengeluarkan uang sepeser pun, hanya cukup bermodal keahlian berpromosi. Jika Anda cermat melihat peluang, Anda bisa mengunjungi daerah-daerah terpencil yang memproduksi kerajinan atau produk dari industri rumahan, dan Anda menawarkan jasa untuk membantu menjual produk itu. Seperti diketahui, industri rumahan biasanya menghasilkan barang-barang yang bagus dan berkualitas, tapi sayangnya mereka kurang memiliki keahlian untuk mempromosikannya. Di situlah celah bagi Anda untuk berwirausaha.

3. Jasa
Jenis usaha terakhir yang dapat Anda lakukan dengan modal sangat minim adalah bisnis jasa. Anda tak memerlukan modal uang untuk bisnis jasa ini, melainkan kemampuan khusus akan suatu bidang. Beberapa contoh bisnis jasa yang dapat Anda lakukan adalah jasa event organizer (EO), wedding organizer, konsultan, analis, fotografi, dan sebagainya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top