Begini Caranya Menjadi Jago Marketing

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

jago marketing

Terjun di bidang marketing memang menantang. Bidang ini membutuhkan kreatifitas, strategi dan juga kematangan pengalaman. Tak sekedar bisa menjual, namun juga menggaet pelanggan untuk menjadi loyal.

Apa saja kiat-kiat mendasar yang perlu dilakukan untuk bisa menjadi jago marketing?

1. Tentukan target pasar

Tentukan terlebih dulu target pasar yang akan Anda bidik. Kepada siapa Anda menawarkan produk atau jasa? Apakah Anda ingin membidik komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum? Dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah? Pastikan bahwa Anda memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Oleh karena itu kenali perilaku konsumen yang Anda bidik, untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

2. Perluas jaringan bisnis

Memiliki jaringan itu penting, maka perluaslah jaringan bisnis Anda. Hal ini membawa keuntungan strategis jangka panjang, karena kelak dapat menciptakan peluang pasar.

Semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mendapatkan calon konsumen baru.

3. Optimis dan pantang menyerah

Bukan karakter orang pemasaran jika gampang menyerah, sebab bidang marketing memiliki tantangan dan hambatan yang cukup besar.

Dibutuhkan mental yang tangguh untuk bisa bertahan dengan profesi tersebut. Di kejar-kejar dengan target perusahaan, atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima.

Karena itu, sikap optimis menjadi penting dalam berinteraksi dengan konsumen, pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangat yang Anda tunjukkan kepada calon pelanggan menjadi kunci utama kesuksesan Anda.

4. Ciptakan strategi pemasaran produk yang menarik

Bagaimana memikat konsumen agar mendekat? Salah satunya adalah dengan menciptakan strategi pemasaran dengan produk yang menarik.

Hal itu dapat berupa pemberian diskon, atau bonus tertentu untuk pembelian di atas rata-rata. Bisa juga dengan mengadakan undian berhadiah pada event-event khusus, atau mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai pesertanya (seperti menjadi sponsor utama kegiatan olahraga, seni, dan acara lainnya yang bertujuan membangun loyalitas konsumen).

5. Tingkatkan product knowledge  

Bagaimana memikat konsumen jika Anda tak tahu apa yang Anda tawarkan? Maka penguasaan product knowledge adalah penting. Dengan demikian Anda dapat meyakinkan calon konsumen. Sampaikan informasi tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen Anda, agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

6. Peka dengan respon pelanggan

Apakah respon konsumen terhadap produk dan jasa selalu sama? Tidak demikian, sering terjadi masing-masing pelanggan memberikan respon yang berbeda terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Cermati hal ini dengan baik.

Bila pelanggan puas dengan produk atau jasa Anda, jadikan sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan produk yang ditawarkan. Namun bila respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik ke depannya. (WFZ)