Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Perusahaan Ini Tunjukkan Bisnisnya Tak Sekadar Tagline

iklan ramah lingkunganPemasaran terbaik adalah pemasaran yang mewujudkan dan menyampaikan pesannya kepada khalayak. Bagi Biocoop – ritel makanan organik pertama di Perancis – itu artinya komitmen untuk menggunakan metode pemasaran yang ramah lingkungan di setiap elemennya.

Brand ritel ini menantang agensi iklan Fred & Farid Paris untuk membuat iklan kampanye ‘organik’ yang sesuai dengan DNA bisnis mereka. Jadi, tak hanya memproduksi dan menjual makanan sehat yang ramah lingkungan, lebih dari itu mereka ingin membangkitkan kesadaran untuk menjaga lingkungan melalui proses pembuatan iklan kampanye yang ramah lingkungan.

Iklan berdurasi dua menit ini menunjukkan bagaimana proses pembuatan iklan kampanye yang ramah lingkungan. Dengan ketulusan untuk menjaga planet bumi, Biocoop meninggalkan proses produksi iklan mainstream yang meninggalkan banyak jejak karbon.

Untuk mengambil gambar, Biocoop menggunakan pinhole camera atau kamera lubang jarum yang merupakan kamera sederhana tanpa lensa dan hanya memiliki satu aperture. Praktis, kamera ‘primitif’ ini hanya mengandalkan cahaya matahari. Tak hanya itu, pengambilan suara untuk iklan dilakukan hanya sekali. Transportasi selama kegiatan pun menggunakan sepeda.

Secara teori semakin sedikit penggunaan daya listrik dalam proses pembuatan iklan semakin sedikit jejak karbon yang ditinggalkan.

Tak cukup sampai di situ, untuk membuat poster, Biocoop menggunakan pewarna alami dari tanaman. Poster yang tak lagi terpakai digunakan kembali sebagai kantong tas belanja. Bahkan website Biocoop tampil dalam bentuk teks ASCII yang secara keseluruhan total kapasitas datanya hanya 3MB.

Hasilnya, proses produksi hanya menghabiskan 5,9 ton karbon dioksida. Terdengar banyak? Padahal total tersebut tiga kali lebih sedikit daripada proses produksi iklan pada umumnya. Dengan menampilkan studi kasus seperti ini, Biocoop menunjukkan kepada khalayak dan konsumennya bahwa selama 25 tahun bisnis mereka tak sekadar tagline, tetapi benar-benar berkomitmen untuk menjaga lingkungan. Nah, sudahkah brand Anda berkomitmen?
https://www.youtube.com/watch?v=y0ERkrP4KaE
(Berbagai sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top