Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Berdasarkan laporan Statistik Indonesia produksi kopi di Tanah Air tercatat mengalami peningkatan sebesar 1,62% atau 774,6 ribu ton. Hal ini menandakan industri kopi terus berkembang dan memiliki potensi besar bagi perekonomian Indonesia. Berlatar belakang itu, Livin’ Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2022 kembali digelar pada 11-13 November 2022 di City Hall Pondok Indah Mall 3, Jakarta.
Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week mengatakan, mengangkat tema ‘Brewing for Sustainable Future’ kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung dan memfasilitasi seluruh pecinta kopi di Tanah Air, saling berkolaborasi dalam mencapai industri kopi yang berkelanjutan. Livin’ Jacoweek 2022 tak hanya membawa konsep one-stop shopping solution, namun turut serta menghadirkan berbagai kegiatan sebagai bagian untuk mengedukasi masyarakat mengenai industri kopi dan teh.
“Sebabnya, hingga akhir 2021 lalu, Indonesia tercatat sebagai negara dengan konsumsi kopi terbesar kelima di dunia dengan jumlah mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kilogram menurut data International Coffee Organization (ICO). Fakta ini praktis menjadikan Indonesia sebagai konsumen kopi terbesar di Asia Tenggara,” papar dia.
Untuk memperluas potensi perkembangan tersebut, dia menambahkan, Jacoweek berperan dalam mendukung keberlanjutan industri kopi dengan memfasilitasi seluruh penikmat kopi, barista dan ahli kopi terbaik, merek-merek kopi dan teh lokal terkemuka, produsen dan distributor mesin-mesin kopi, hingga petani-petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia dalam satu platform yang memudahkan mereka untuk saling berkolaborasi.
Melalui Jacoweek, seluruh pelaku di industri kopi memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk biji kopi pilihan, alat dan bahan pelengkap minuman kopi, makanan pendamping kopi, hingga perlengkapan kebutuhan kedai kopi secara lengkap dengan konsep one-stop shopping solution serta diperkuat dengan berbagai rangkaian program pilihan.
Dalam pelaksanaannya, Livin’ Jacoweek 2022 berkolaborasi dengan Saka Dala bersama organisasi internasional Rainforest Alliance yang merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan yang membantu memastikan standar dan kualitas kopi yang disajikan kepada seluruh komunitas kopi di acara Livin’ Jacoweek 2022.
Veronica, Co-Founder Saka Dala Social Enterprise, mengatakan, “Dalam acara Livin’ Jacoweek 2022, kami berperan dalam menjembatani petani kopi untuk dapat memperkenalkan biji kopi terbaik dari hasil kebunnya untuk mendapatkan pasar yang tepat, bertemu langsung dengan calon-calon pembelinya sehingga terjadi interaksi dan transaksi secara langsung antara supply dan demand. Kami juga bertugas dalam memastikan inisiatif keberlangsungan industri kopi, termasuk pemberian wawasan, pelatihan, motivasi, keyakinan market dan pengawasan kualitas agar para petani dapat terus memberikan hasil panen yang baik dan terjadi harga yang fair sehingga bisnis kopi dapat terus berkelanjutan.”
Memiliki visi yang sama terhadap perkembangan industri kopi, penyelenggaraan Jacoweek 2022 mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri. Livin’ Jacoweek 2022 dipercaya bisa memberikan dampak yang positif terhadap industri kopi di Indonesia, dan dapat menjadi jembatan dalam mensejahterakan petani kopi Indonesia.
Aland Rinny Patitty, Regional Transaction & Consumer Head Jakarta 3, Bank Mandiri, menilai Bank Mandiri selalu bersemangat untuk berperan dan berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia, salah satunya pada industri kopi yang semakin diminati.
“Kami bangga dapat menjadi bagian dari Livin’ Jacoweek 2022 dengan memberikan dukungan terhadap pelaku industri termasuk petani-petani kopi melalui kemudahan akses perbankan yang membantu proses transaksi bagi semua. Bersama dengan Jacoweek, kami berharap semakin banyak petani dan pelaku industri kopi yang mendapat kesempatan untuk memperluas pangsa pasar mereka serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Aland.
Bagi seluruh penikmat kopi yang ingin merasakan pengalaman dan keseruan rangkaian acara Livin’ Jakarta Coffee Week 2022, tiket masuk dapat dibeli secara langsung seharga Rp 50.000 per pax dengan menggunakan produk-produk Bank Mandiri seperti Kartu Debit, Kartu Kredit, QRIS, dan Kartu e-money.