Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Bank DBS Jalin Joint Financing dengan Home Credit

Marketing – Berdasarkan data World Bank (2017), masih terdapat lebih dari 38% dari total 250 juta penduduk atau lebih dari 95 juta penduduk Indonesia yang belum terjangkau produk bank (unbanked population). Selain itu, hanya 17% penduduk dewasa di Indonesia yang mendapatkan pinjaman langsung dari institusi finansial. Di sisi lain, data dari We Are Social menyatakan bahwa pada Januari 2019 pengguna smartphone telah mencapai 60% dari total populasi di Indonesia. Kesenjangan tersebut diisi oleh industri keuangan berbasis teknologi (fintech) yang ditunjukkan dengan semakin menjamurnya perusahaan fintech di Indonesia. Melihat peluang tersebut, Bank DBS Indonesia pun melalui strategi Ecosystem, yaitu strategi menjangkau dan melayani masyarakat melalui kerja sama dengan Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global dengan lebih dari 3,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Bank DBS

Wawan Salum, Director Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia mengatakan, “Melalui strategi Ecosystem, DBS membangun kerja sama dengan Home Credit Indonesia untuk menyediakan solusi keuangan bagi masyarakat yaitu menyediakan pinjaman dengan skema Joint Financing. Selain itu, ketika mengajukan pinjaman di Home Credit, nasabah juga dapat membuka rekening bank digibank by DBS secara bersamaan melalui program digibank bundling.”

Seperti diketahui, joint financing merupakan bentuk kerja sama antara industri perbankan dengan perusahaan multifinance. Dalam kaitan kerja sama ini, Bank DBS dan Home Credit Indonesia memberikan pembiayaan bersama atas fasilitas kredit yang disalurkan kepada pelanggan Home Credit Indonesia dengan porsi pembiayaan, syarat, dan kondisi yang telah ditentukan dalam menyalurkan pembiayaan kepada end user.
Selain itu, pada saat mengajukan pembiayaan di Home Credit untuk barang-barang seperti gadget, smartphone, furniture, barang-barang elektronik dan laptop, calon pelanggan juga dapat membuka rekening digibank by DBS lewat program bundling yang ditawarkan. Wawan menambahkan, saat ini jumlah nasabah digibank by DBS sekitar 600 ribu. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan jumlah nasabah sebanyak-banyaknya.

Jaroslav Gaisler, CEO PT Home Credit Indonesia, “Kami percaya, melalui kemitraan strategis dengan digibank by DBS akan semakin mempermudah akses masyarakat ke perbankan dan memberikan pengalaman belanja yang mudah dan cepat.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top