Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Bank DBS Indonesia Prakarsai Gerakan “Recycle more, Waste less”

Marketing – Data dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) menjelaskan bahwa pada tahun 2019, sampah di Indonesia diperkirakan akan mencapai 68 juta ton, dengan 9,52 ton diantaranya merupakan sampah plastik. KLHK menargetkan pengurangan sampah Indonesia sebesar 30% pada tahun 2025. Selain itu, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh KLHK, komposisi sampah sisa makanan di Indonesia menjadi yang paling tinggi yaitu sebesar 44% dalam komposisi sampah nasional sepanjang 2018, sementara plastik menjadi penyumbang sampah terbesar di dunia dengan persentase 15%.

Dalam upaya mendukung misi tersebut, Bank DBS Indonesia memprakarsai gerakan Recycle more, Waste less yang bertujuan untuk memberikan kesadaran peduli lingkungan khususnya kepada masyarakat Indonesia. Gerakan yang merupakan perpanjangan dari misi perusahaan Live more, Bank less ini diharapkan dapat membawa perubahan pola hidup dimulai dari kebiasaan sehari-hari seperti mengurangi penggunaan plastik dan styrofoam hingga kebiasaan membuang makanan.

Oleh karena itu, Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan para mitra yang bergerak di bidang lingkungan, antara lain WWF-Indonesia, Waste4Change, Cleanomic, Zero Waste Indonesia, Evoware, dan Weekend Workshop untuk dapat menggaet masyarakat khususnya milenial turut berpartisipasi dalam gerakan ini.

Mona Monika, Executive Director, Head of Group Strategic and Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia menjelaskan, “Sebagai institusi perbankan, kami ingin mendukung program pemerintah yaitu Indonesia Bersih Sampah 2025 dengan menginisiasi sebuah program peduli lingkungan yang berkelanjutan bernama Recycle more, Waste less untuk memberikan kesadaran peduli lingkungan kepada masyarakat Indonesia dan bagaimana kita bisa mengambil langkah nyata dan membuat perubahan.”

Dalam mewujudkan lingkungan bersih sampah, masyarakat dapat berpartisipasi dengan cara pledging di microsite Bank DBS Indonesia, go.dbs.com/id-rmwl, yang akan langsung terhubung ke media sosial masing-masing. Setiap satu dukungan atau pledging akan dihargai senilai Rp1.000,00. Dana yang terkumpul kemudian akan digunakan untuk mendukung program edukasi dan pengentasan masalah sampah di Indonesia. Dukungan dapat dilakukan dengan menekan pilihan ‘Dukung Sekarang’ yang juga akan terhubung langsung dengan media sosial pendukung dalam bentuk pledging.

Masyarakat juga dapat memilih dan mengunduh foto untuk memberikan atau pledging pada microsite kemudian mengunggah template ke media sosial yang dimiliki beserta pesan kebaikan yang tertera pada microsite dengan tagar #RecyclemoreWasteless #IndonesiaBersihSampah2025, dan membagikannya kepada tiga teman. Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah mengunggah foto kreasi masing-masing dengan ketentuan yang sama dengan cara kedua. Hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 10.000 dukungan masyarakat yang turut berpartisipasi dalam pledging Recycle more, Waste less sejak fase pertama dijalankan pada April 2019. Angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan berjalannya fase kedua dari gerakan Recycle more, Waste less.

“Setelah berhasil mengumpulkan lebih dari 10.000 pledging pada fase pertama dengan kerja sama beberapa komunitas dan wirausaha sosial, kami juga akan bekerja sama dengan merchant partner pada fase kedua untuk dapat menyasar lebih banyak masyarakat dengan tujuan menyuarakan gaya hidup yang fokus kepada pengurangan kontribusi sampah dalam kehidupan sehari-hari,” ujar dia.

Fase kedua dari gerakan Recycle more, Waste less akan dimulai dari 5 Juli 2019 hingga 30 September 2019. Pada fase kedua ini, Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan beberapa retail chain seperti Mall Kota Kasablanka, Krispy Kreme, Cinema XXI & Premiere XXI dan All Fresh. “Perubahan tidaklah semata-mata dimulai dengan sesuatu yang besar dan menyulitkan tetapi juga dapat dilakukan dengan mulai melakukan kebaikan dan mengubah kebiasaan sedikit demi sedikit sehingga tentunya dampaknya pun akan terasa di kemudian hari dalam jangka panjang, hal tersebut tentunya sebagai bukti aplikasi atas janji kami Live more, Bank less,” tutup Mona.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top