Bank Danamon Meningkatkan Manajemen SDM dengan Integrasi SAP Business AI

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial | SAP SE (NYSE: SAP) mengumumkan bahwa PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) telah mengintegrasikan solusi SAP Business AI ke dalam proses sumber daya manusia (SDM) mereka. Solusi ini termasuk kopilot AI generatif Joule dari SAP, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam tugas-tugas terkait karyawan, mulai dari perencanaan hingga pengambilan keputusan.

Didirikan pada tahun 1956, Bank Danamon telah berkembang pesat dengan 856 kantor cabang, lebih dari 60.000 ATM, dan layanan perbankan online yang mencakup 34 provinsi di Indonesia. Dengan lebih dari 8.000 karyawan, bank ini menyadari perlunya pengelolaan SDM yang efektif dan dapat diskalakan. Untuk itu, Bank Danamon memilih untuk bermitra dengan SAP, penyedia solusi bisnis terdepan.

SAP Business AI, yang terintegrasi dengan aplikasi SAP untuk mendukung proses bisnis strategis, telah digunakan oleh 46.000 pelanggan di Asia Pasifik dan Jepang. Solusi ini menggabungkan berbagai inovasi AI yang dikembangkan berdasarkan data industri dan pengetahuan proses yang mendalam, dengan tetap mengedepankan praktik AI yang bertanggung jawab.

Sejak tahun 2017, Bank Danamon telah memanfaatkan teknologi cloud SAP melalui SAP SuccessFactors. Dengan mengintegrasikan SAP Business AI ke dalam SAP SuccessFactors, Bank Danamon bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan melalui wawasan yang dihasilkan AI, melakukan penyelarasan kandidat yang dipersonalisasi dalam proses perekrutan, dan mengakses semua informasi melalui satu platform SDM terpusat. Sentralisasi data ini juga membantu mengurangi risiko keamanan data, berkat sistem keamanan dan manajemen basis data SAP.

Implementasi antarmuka pengguna layanan mandiri berbasis percakapan pada SAP SuccessFactors dan kemudian SAP SuccessFactors WorkZone pada November 2022 telah memberikan hasil yang signifikan, termasuk peningkatan dalam operasional tanpa kertas, pengurangan tiket dukungan SDM, pemberdayaan manajer, serta penyederhanaan proses-proses SDM.

Handri Yustanto, Kepala Proses Bisnis dan Digitalisasi – SDM Korporat Bank Danamon, menyampaikan di acara tahunan SAP Asia Tenggara, SAP NOW SEA di Singapura, bahwa perusahaan memanfaatkan AI dalam proses SDM untuk mendukung tujuan bisnis.

“Bank Danamon memprioritaskan manajemen layanan berkualitas dan sangat bergantung pada SDM sebagai aset. Implementasi SAP Business AI mendukung peran kami sebagai mitra bisnis strategis, membebaskan karyawan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih produktif di luar tugas administratif,” ujarnya.

Andreas Diantoro, Direktur Utama SAP Indonesia, menyatakan, Bank Danamon adalah organisasi yang berpikiran maju dengan budaya inovasi yang kuat. Integrasi SAP Business AI ke dalam proses SDM mereka membantu mencapai percepatan inovasi, pengalaman pengguna yang lebih baik, operasi yang lebih efisien, dan memberdayakan karyawan.

“Teknologi ini bertujuan untuk mengubah cara sektor layanan perbankan mengelola sumber daya manusia, mempromosikan kinerja terbaik, dan kualitas layanan yang unggul. Kami bersemangat untuk mendukung Bank Danamon dalam era baru transformasi bisnis yang digerakkan oleh AI, terus melakukan perbaikan dalam pengalaman dan proses pekerjaan karyawan,” imbuh dia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here