Bangkit Belajar, Aplikasi Belajar Online Berbasis Pengalaman

Marketing.co.id – Berita Digital | Metode pembelajaran terintegrasi dengan teknologi digital akan menjadi ciri khas pembelajaran masa depan. Tengok saja,  proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka di dalam kelas, selama pandemi Covid-19 berubah menjadi belajar daring.

bangkit belajar

Di era new normal, kebutuhan proses pembelajaran berbasis teknologi akan semakin meningkat. Alhasil, dibutuhkan  perubahan kurikulum dan metode pembelajaran di dalam sistem pendidikan di Indonesia agar bisa menghadirkan proses pembelajaran yang efektif dan aktif.

Menjawab permasalahan tersebut, Smart School Indonesia memperkenalkan sebuah aplikasi yang diberi nama Bangkit Belajar, sebagai platform pembelajaran berbasis pengalaman di era digital.

Johannes Agus Taruna, Founder Smart School Indonesia, menuturkan, pembuatan aplikasi ini sejalan dengan yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Indonesia, Nadhim Makarim, supaya nantinya anak-anak di Indonesia bisa belajar di mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.

Lebih lanjut, aplikasi Bangkit Belajar akan dikenalkan dalam Webinar bertajuk Pembelajaran Berbasis Pengalaman di Era Digital, yang akan digelar 25 September 2021. Webinar tersebut ditargetkan akan diikuti oleh 1.000 peserta, pada guru dan calon guru di seluruh Indonesia. Webinar juga untuk membentuk komunitas, dengan mengajak banyak guru dan calon guru di Indonesia untuk bergabung ke dalam sebuah platform online atau aplikasi, untuk menjadi konten kreator.

“Selanjutnya mereka akan mendapatkan pelatihan dan training selama 3-6 bulan untuk dapat mengisi konten, dengan standarisasi sebagai seorang guru dalam gerakan atau platform Bangkit Belajar,” ungkap Johannes.

Dwi Sunu W Pebruanto, dari Universitas Ciputra menjelaskan untuk memahami lebih lanjut mengenai pembelajaran berbasis pengalaman seperti dijelaskan dalam Buku Creating Your Child’s Future Now.

Dimana pembelajaran berbasis pengalaman adalah tidak hanya mengajarkan teori, tapi juga mengajak siswa untuk menciptakan sesuatu yang baru, guru diajarkan menjadi kreator sebuah project, dan siswa terlibat di dalamnya. “Buku sebagai triger, ingin menggugah, betapa penting untuk berubah,” ujar Sunu.

Berkaitan dengan Pembelajaran Berbasis Pengalaman di Era Digital, menurut Sunu, kondisi pandemi, secara fakta ada perubahan cara belajar yang didorong oleh pandemi. Metode belajar bergeser dari metode buku paket ke metode online. Dan metode online tidak akan berhenti setelah pandemi berakhir.

Menurutnya, pemerintah juga mengatakan bahwa pengembangan pendidikan ke depan akan fokus pada model pembelajaran berbasis pengalaman. Karena itu, untuk mengkonkritkan Smart School Indonesia memiliki pendekatan berbasis project. Karena dengan mengerjakan project, akan melatih anak untuk mengembangkan kegiatan belajar berbasis pengalaman.

Untuk memfasilitasi hal itu, siswa juga harus belajar untuk menghasilkan sesuatu. Untuk itu perlu media, yaitu learning platform yang berbasis project. Pertanyaanya siapa yang akan mengisi, platform tersebut. Menurutnya adalah para guru. Kemudian yang akan menggunakan adalah guru dan siswa.

“Siapapun yang akan belajar pembelajaran berbasis project bisa mengakses learning platform ini dan bisa mengcreate ide kreatif mereka melalui project mereka,” jelasnya.

Sementara itu, Jonethen, Developher Aplikasi Bangkit Bersama mengungkapkan, aplikasi Bangkit Belajar sudah digunakan di Smart School Indonesia sejak sebelum pandemi. Berdasarkan pengalaman tersebut, platform tersebut dikembangkan untuk dapat digunakan secara luas seluruh guru dan siswa seluruh Indonesia.

Konsep aplikasi tersebut adalah semacam marketplace, atau bisa dikatakan sebagai educationplace, yang mempertemukan antara guru sebagai produsen dan murid sebagai pengguna, namun konten isinya adalah materi pelajaran berbasis project. Aplikasi juga menjadi wadah bagi guru atau konten kreator untuk memasukkan materi-materi yang berbasis entrepreneur atau pengalaman.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.