Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

Bahan-bahan Berbahaya dalam Makanan Kemasan

Marketing.co.id– Pernahkah kita berfikir tentang bahan-bahan makanan yang terdapat dalam makanan kemasan yang terjual bebas di pasaran? Apabila kita mencoba untuk melihat di bagian belakang kemasan  tersebut, terdapat beberapa jenis nama yang tampak bukan seperti bahan makanan dan sangat asing bagi orang awam.

Lantas, apakah kemudian kita berfikir megenai efek yang dapat ditimbulkan oleh bahan-bahan makanan tersebut.

Inilah beberapa nama bahan makanan yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Sehingga kita berhati-hati dalam memilih mana makanan yang sehat dan mana yang berbahaya.

1. High Fructose Corn Syrup (HFCS)

HFCS adalah sebuah senyawa kimia yang mencegah leptin ( senyawa alami dalam tubuh ynag memproses asupan makanan) untuk memberikan sinyal kepada tubuh bahwa asupan kita sudah cukup.

Jadi para produsen makanan kemasan menjadikan HFCS sebagai bahan makanan agar kita tidak akan pernah merasa kenyang atau cukup terhadap jenis makanan tersebut. HFCS dapat membuat kita gemuk dan membuat kadar insulin kita meningkat.

2. Monosodium Glutamate (MSG)

MSG adalah satu jenis bahan makanan yang banayak terdapat pada hampir setiap jenis makanan kemasan, bahkan makanan olahan seperti nasi goreng. MSG  berguna untuk membuat kita adiktif terhadap makanan tersebut sehinga membuat kita mau lagi dan lagi.

MSG disebut pula excitotoxin yang dapat menyebabkan sel otak kita merasa gembira karena pengaruh adiktifnya. Namun pengkonsumsian MSG secara berlebihan dapat membuat kita sakit kepala bahkan menyebabkan kerusan sel otak secara permanen.

3. Sodium nitrite

Sodium nitrite bertindak sebagai garam dan berguna juga sebagai pewarna makanan. Bahkan makanan ini, dapat digunakan dalam produk daging kemasan sebagai penambah rasa.

Sodium nitrite memang berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri dalam daging kemasan. Namun bahan ini merupakan salah satu penyebab kanker tertinggi bagi manusia.

4. Pemanis buatan (aspartame, sucralose, saccharin)

Jenis makan ini banyak terdapat pada permen karet, minuman kemasan ataupun minuman bersoda. Jangan berpengaruh pada label “sugar free” dalam kemasan karena sebenarnya jenis makanan ini juga bertindak sebagai zat adiktif dalam makanan.

Dengan selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan makanan ini dengan sendirinya akan membuat tubuh kita menjadi gemuk.

Seperti yang kita lihat, dalam makanan ataupun minumnan kemasan  ataupun minuman ringan terdapat banyak bahan makanan yang berbhaya.

Salah satu tujuannya adalah untuk menimbulkan  pengaruh adiktif dalam tubuh untuk selalu untuk meminta lebih. Mulailah bertindak secara lebih cerdik dalam memilih makanan yang sehat bagi kita dan orang-orang yang kita cintai.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top