Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Strategi Market Research Membantu Bisnis Anda

Marketing.co.id-  Ketika ekonomi mulai goyah, banyak pemilik bisnis yang mencari cara untuk menghemat uang. Sayangnya, anggaran pemasaran biasanya merupakan hal yang terpenting, terutama bagi bisnis kecil.

Pemasaran membuat bisnis tumbuh

Sepertinya kontra produktif kan? Pemasaran sering digambarkan sebagai ‘komunikasi dengan pelanggan’. Jadi pada saat pelanggan mulai memperketat dompet mereka, itu bisa sangat berisiko jika Anda mengabaikan mereka. Bahkan, banyak pemimpin bisnis yang sukses dengan meningkatkan upaya pemasaran mereka saat ekonomi menekan.

Dengan mendengarkan kebutuhan pelanggan, Anda tidak hanya mempertahankan dan mengembangkan basis pelanggan saat ini, tetapi Anda juga bisa mengidentifikasi peluang bisnis baru untuk di kejar.

Sentuhan market research

Titik awal terbaik untuk setiap strategi pemasaran adalah research. Ada beberapa strategi sederhana dan efektif yang bisa bisnis kecil terapkan agar tetap unggul dalam kompetisi.

Awalnya, Anda ingin bertanya pada diri sendiri: Apa tujuan dari penelitian saya? Jawabannya akan bervariasi tergantung pada bisnis dan klien Anda, tapi pada dasarnya Anda ingin tahu lebih banyak tentang orang-orang yang membeli produk dan jasa Anda.

Singkatnya, Anda ingin lebih memahami potensi dan basis pelanggan Anda, Anda ingin mengetahui karakteristik mereka, apa yang mereka nilai, dan bahkan di mana mereka tinggal.

Ada tiga kunci agar anda fokus pada saat mengembangkan trategi market research Anda:

Gunakan internet. Web 2.0 telah melakukan banyak pekerjaan kasar dari market research, jadi titik awal yang logis untuk survei dan kuesioner, ada puluhan aplikasi survei online yang tersedia di internet.

Ketika mengembangkan studi Anda yang perlu diingat adalah dengan membaut pertanyaan spesifik, pertanyaan yang mudah dipahami. Tidak seorang pun suka survei yang panjang.

Kedua, google adalah sebuah alat market research yang menakjubkan, seperti Google Analytics. Bahkan lebih mudah, dengan menggunakan pencarian kata kunci, Anda dapat menyelidiki pesaing, serta apa yang pelanggan katakanan tentang produk Anda. Blog, ulasan online, statistik pencarian dan banyak lagi yang dapat dilihat secara bebas dan mudah.

Mengumpulkan informasi. Mewawancari keluarga dan teman-teman merupakan cara yang baik untuk memulai. Langkah selanjutnya adalah menargetkan pelanggan Anda, apa itu melalui email, telepon, atau secara langsung.

Fokus pada komunitas anda adalah cara yang bagus untuk memperoleh informasi yang mendalam. Selain pelanggan, mewawancarai staf penjualan Anda sendiri sering merupakan sumber daya yang fantastis. Mereka berurusan dengan pelanggan setiap hari dan harus tahu luar dalamnya produk Anda.

Sosial media juga memberikan kesempatan besar untuk mengetahui apa yang orang katakan tentang merek anda, pastikan untuk menerapkan system monitoring sosial media yang baik, atau melakukan pencarian kata kunci biasa di seluruh platform media sosial (dan membuat google Alert) untuk tetap berhubungan dengan apa yang dikatakan mereka tentang anda.

Melakukan kompetisi riset. Daripada hanya browsing situs online pesaing anda, kenapa tidak mengambil inisiatif dan menjadi pelanggan. Dengan cara ini anda dapat mengetahui setiap bagian dari bisnis pesaing Anda, dan mencari cara bagaimana mengungguli produk mereka.

Dalam berbelanja pelanggan suka berkeliling, kenapa Anda tidak? Cobalah untuk menguji berbagai aspek dari kompetisi bisnis. Ini mungkin termasuk segala sesuatu dari yang terjadi di toko, menelepon saluran layanan pelanggan mereka, menguji berbagai produk mereka, dan membandingkan iklan mereka. (VO/CS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top