Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Bagaimana memulai strategi SEO for Mobile?

SEO for MobileJika upaya Anda untuk menggiring pengunjung ke website dan SEO Anda masih berbasis desktop, Anda sudah jauh ketinggalan. Pasalnya, penggunaan mobile secara perlahan namun pasti mulai menggerus penggunaan komputer, sehingga strategi SEO for Mobile mutlak diperlukan.

Orang tidak lagi harus berada di depan komputer hanya untuk membuka Google, mereka bisa melakukannya melalui perangkat mobile. Bryson Meunier, Director of Content Solutions di Resolution Media menerangkan, setidaknya ada 5 hal yang bisa membantu Anda memulai kampanye SEO for Mobile:

Baca buku tentang mobile marketing

Buku tentang mobile marketing sangat membantu untuk bidang yang berkembang begitu pesat ini, walaupun buku tersebut dapat dengan cepat menjadi kedaluarsa. Di luar sana banyak sekali buku tentang mobile marketing yang diterbitkan bagi mereka yang ingin memulai mobile search.

 Google’s Mobile Playbook, karangan Jason Spero, merupakan salah satu buku yang layak Anda baca. Buku ini berisikan praktik terbaik lengkap dengan studi kasusnya.

Memahami pencari informasi via perangkat mobile

Hal pertama yang orang lakukan ketika melakukan SEO for Mobile adalah dengan memilih konfigurasi situs mobile (yaitu responsif vs adaptif vs situs mobile). Namun, terlebih dahulu mereka harus mencari tahu apa yang diinginkan pengguna.

Agar lebih unggul daripada pesaing, Anda harus memahami apa yang diinginkan pencari mobile yang mengunjungi situs dan memberikan mereka konten.

Anggaran yang aman untuk  SEO for Mobile

Anggaran yang diperlukan untuk melakukan SEO for Mobile sepenuhnya tergantung pada jenis perusahaan yang Anda miliki dan konsultan yang Anda sewa.

Membuat konten mobile secara spesifik

Setelah memahami siapa saja orang-orang yang melakukan pencarian melalui perangkat mobile, Anda akan tahu ke mana arah strategi konfigurasi situs mobile. Buatlah konten yang sesuai dengan pengunjung mobile Anda. Namun, yang paling penting situs harus responsif.

Verifikasi dengan Google Webmaster Tools dan Run Mobile Crawl Error Report

Apakah situs mobile memiliki URL khusus, adaptif atau situs responsif, Anda harus memverifikasinya dengan Google Webmaster Tools dan menjalankan Run Mobile (smartphone atau feature phone) Crawl Error Report.

Terlepas dari apakah Anda memiliki situs mobile atau tidak, menggunakan laporan tersebut, dapat mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang membuat pengguna mobile frustasi.

Memperbaikinya secara teratur dan Anda akan jauh lebih baik dalam pencarian mobile daripada orang-orang yang mengklaim memiliki SEO for Mobile terbaik tapi tidak melakukan 5 strategi di atas.

Editor: Sekar Ayu, Wahid FZ | Sumber: B2C

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top