PR Hype

Bagaimana Membuat Public Relations Plan ?

PR-Plan

Ada beberapa poin umum untuk merancang strategi Public Relation (PR) organisasi atau perusahaan Anda. Jika sudah dirancang jauh-jauh hari, maka Anda dapat membangun publisitas yang baik  sebelum menghadapi suatu krisis.

Langkah apa yang dapat ditempuh oleh organisasi perusahaan Anda untuk menangani PR ini ?

Pilihlah juru bicara yang kredibel, yang mampu membuat hubungan harmonis dengan media. Mungkin Anda perlu menjelaskan kepada ‘orang dalam’ bahwa dalam hal-hal tertentu mereka tidak diperkenankan bicara langsung dengan media, namun juru bicaralah yang dikedepankan.

Selanjutnya kembangkan daftar kontak media dengan mencari tahu media mana saja yang meliput isu-isu mengenai perusahaan Anda.

Tentukan pula garis besar pesan yang ingin Anda sampaikan kepada publik. PR Anda dapat berfokus seputar tema sentral atau bisa juga membuat tema baru untuk isu yang berbeda. Yang penting, pesan utamanya adalah “Kami telah melakukan yang terbaik.”

Spesifikasikan audiens Anda. Ini jauh lebih baik daripada sekedar menyebar pesan kepada publik. Cobalah fokus pada kelompok yang berkepentingan, misalnya konsumen tipe tertentu. Didukung riset marketing, hal ini akan menjadi lebih mudah.

Dukung penyampaian pesan Anda dengan Press Release, event atau kesempatan-kesempatan lain di mana ada interaksi antara perusahaan Anda dengan media dan komunitas.

Penting juga memiliki rancangan bagaimana seandainya menghadapi suatu krisis. Harus jelas siapa yang akan bertanggung jawab atas lalu lintas informasi, daripada baru menunjuk nanti ketika sedang berada dalam situasi penuh tekanan.

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan Public Relation Plan Anda, maka Anda dapat menyewa Agensi PR. Ada Agensi PR yang berkonsentrasi pada lokal, ada pula yang hanya melayani tipe-tipe perusahaan tertentu.

Anda, dapat mendayagunakan iklan dan marketing untuk mendukung upaya PR Anda, dan mengkombinasikan elemen masing-masing untuk menghasilkan plan terbaik untuk perusahaan Anda.

Jika perusahaan Anda sudah menjalankan proyek membangun komunitas, proyek filantropis, atau aktifitas positif lainnya, maka hal tersebut juga dapat Anda gunakan untuk mendukung manuver-manuver PR Anda.

Adakalanya memang diperlukan trial and error sampai menemukan format yang paling pas untuk perusahaan atau organisasi Anda. ( Wachid Fz/sumber : ehow ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top