Bagaimana Cara Agar Untung Berlipat di Festival Belanja Online?

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

tips menyusun strategi penjualan terbaikFestival belanja online masih ditunggu pelanggan, penjual dan brand bisa meraih untung berlipat dengan cara yang tepat. Mau tahu caranya?

Marketing.co.id – Berita Marketing | Studi konsumen yang dilakukan Lazada bersama Milieu Insight pada 2022, mengungkap bahwa sejumlah besar pembeli (73%) menganggap belanja online sebagai hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, 67% pembelanja masih menantikan kampanye mega, termasuk festival belanja tanggal kembar.

Sementara itu, studi Populix 2023 menunjukkan bahwa 91% masyarakat pernah belanja online saat festival belanja tanggal kembar. Studi yang sama juga menunjukkan 5 dari 10 masyarakat mengatakan pasti akan berbelanja di momen kampanye itu.

Bagaimana tidak, berbagai promo dan penawaran digelontorkan banyak brand dan penjual di platform eCommerce, ditambah dukungan dari platform eCommerce, di antaranya dengan berbagai voucher dan penawaran gratis ongkos kirim, memberikan kesempatan bagi para pelanggan mendapatkan barang idaman dengan harga terbaik.

Chief Operating Officer Lazada Indonesia Nicola Jiang saat berbicara dalam acara eCommerce Expo 2024 beberapa waktu lalu mengatakan bahwa layanan dan operasional yang unggul merupakan landasan untuk pertumbuhan jangka panjang, retensi pelanggan, dan pengembangan bisnis. Karena itulah, sangat penting bagi para brand dan penjual untuk memastikan layanan dan operasional yang unggul, khususnya pada saat musim festival belanja online di mana pasti terjadi peningkatan traffic ke toko.

Menurut Nicola, layanan dan operasional yang unggul pasti akan membawa pada kepuasan pelanggan, pembelian berulang, tinjauan (review) yang positif, dan pada akhirnya, terbentuk kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap produk, brand, ataupun toko penjual.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat persiapan, selama, hingga setelah festival belanja online selesai? Simak penuturan Nicola berikut ini agar bisa meraup untung maksimal saat festival belanja di eCommerce, terutama jelasng festival belanja 10.10 mendatang.

Pastikan persiapan yang matang jelang musim festival belanja online

Perencanaan suplai barang dan strategi optimasi produk andalan yang tepat menjadi hal mutlak yang harus dilakukan penjual. Manfaatkan inventory dashboard yang ada di Seller Center untuk manajemen stok barang secara real time serta mendapatkan data perkiraan permintaan barang.

Setelah memastikan tampilan toko dan juga produk bisa menarik pelanggan, rencanakan pemanfaatan fitur promosi berbayar untuk membantu mempromosikan produk secara lebih agresif. Yang terpenting, tentukan strategi harga yang tepat, yang bisa menarik pembeli namun tetap mempertahankan keuntungan.

Pastikan layanan dan operasional yang unggul selama festival belanja online berlangsung 

  • Optimalkan penggunaan fitur untuk data dan wawasan secara real time. Di Lazada, fitur Bisnis Analisis yang ada di Seller Center Lazada bisa memberikan data dan analisis kinerja toko dan produk saat festival berlangsung, sehingga penjual bisa langsung mengubah strategi penjualan, apabila diperlukan.
  • Pemenuhan pesanan yang efisien menggunakan layanan logistik terpercaya. Pilihlah layanan logistik yang bisa membantu sesuai kebutuhan. Di Lazada, ada Lazada Logistics yang menyediakan layanan pemenuhan logistik menyeluruh, yang juga didukung banyak mitra logistik lokal lainnya untuk pemenuhan dan pengiriman paket yang tepat waktu dan terpercaya.
  • Lakukan strategi promosi dan pemasaran yang efektif. Menggunakan media sosial dan platform komunikasi lain yang dimiliki toko bisa menjadi saluran promosi tambahan untuk kampanye toko Anda di eCommerce. Berkolaborasi dengan influencer bisa Anda pertimbangkan untuk membantu mempromosikan toko dan produk jualan.
  • Berpartisipasilah dalam program promosi serta maksimalkan penggunaan fitur yang bisa membantu mendorong penjualan. Lazada menyediakan fitur seperti voucher, flash salelivestreaming, maupun fitur gamifikasi seperti LazCoins yang bisa mendorong pelanggan untuk berbelanja.
  • Tingkatkan pengalaman pelanggan. Kepercayaan dan loyalitas pelanggan berangkat dari kepuasan atas layanan Anda, yang bisa menghasilkan pembelian berulang dan tinjauan produk dan toko yang positif. Membalas chat pelanggan dengan cepat terbukti meningkatkan pembelian hingga 30%. Mengirimkan pesan ‘terima kasih’ dan memberikan voucher untuk pembelian berikutnya juga bisa menjadi langkah penting untuk memastikan kepuasan dan juga meningkatkan potensi pembelian berulang.

Pentingnya evaluasi kinerja untuk peningkatan kinerja pada festival belanja online berikutnya!

Selesainya satu festival belanja online berarti dimulainya persiapan untuk festival belanja selanjutnya. Penjual didorong untuk segera melakukan analisis kinerja yang lalu dan membangun strategi pemasaran berikutnya. Yang harus dilakukan brand dan penjual antara lain:

  • Evaluasi metriks kinerja pada fitur data dan wawasan yang ada di platform. Lazada memiliki fitur Bisnis Analisis yang ada di Seller Center Lazada yang memberikan data kinerja, bahkan sampai pada tingkat produk. Hasil dari penilaian ini bisa digunakan untuk mempertimbangkan strategi promosi dan pemasaran toko selanjutnya.
  • Pantau ratingdan review toko dan produk AndaRating dan review produk menjadi salah satu faktor utama penentu keputusan pembelian ataupun pembelian berulang pelanggan. Karena itu, penting untuk mengevaluasi perkembangan rating dan review toko dan produk Anda dan menjadikannya sebagai bagian penting dalam menentukan strategi bisnis Anda.
  • Terus libatkan pelanggan dengan kampanye dan penawaran khusus bagi pelanggan loyal. Membuat kampanye khusus toko bisa menjadi cara untuk terus melibatkan pelanggan loyal Anda, membuat toko Anda selalu diingat ketika mereka membutuhkan produk yang Anda jual.

Platform eCommerce, khususnya Lazada memang menawarkan berbagai peluang saat festival belanja online, namun brand dan penjual perlu mengusai strategi pemasaran yang tepat sasaran untuk meraih kesuksesan.

“Bagi kami, membangun bisnis online merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan banyak perhatian dan dukungan, terutama bagi para penjual baru di eCommerce. Agar brand dan penjual bisa memaksimalkan peluang yang ditawarkan saat festival belanja online, kami terus berinovasi melakukan peningkatan berkelanjutan dalam  setiap program dan fitur,” tutup Nicola.