Konten kreator harus selalu beradaptasi dan cerdas memanfaatkan peluang baru yang hadir karena dunia digital bergerak cepat. Berikut 4 langkah penting dalam menciptakan konten ala konten Kreator YouTube Ijfina Amalie
Marketing.co.id – Berita UMKM | Konsistensi dan Kreativitas adalah dua pilar utama yang membantu Ijfina Amalia, seorang ibu rumah tangga berusia 32 tahun, dalam membangun eksistensinya sebagai konten kreator di YouTube.
Perjalanan Ijfina dimulai sejak tujuh tahun lalu dengan niat yang sederhana, yaitu berbagi kecintaannya dengan makeup. Melalui konten makeup tutorialnya, Ijfina berbagi informasi mengenai produk-produk yang terjangkau, mudah didapatkan, dengan langkah-langkah yang mudah diikuti pemula.
Berkat kegigihannya dalam menyuguhkan konten makeup yang bermanfaat bagi banyak orang, kini Ijfina telah berhasil mengembangkan channel YouTube-nya hingga memiliki 1,3 juta subscribers.
Tidak berhenti di situ, Ijfina terus berusaha memaksimalkan potensinya, mulai dari memastikan kualitas videonya terus meningkat, hingga memanfaatkan sejumlah peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates. Melalui program ini, Ijfina tidak hanya berhasil mendapatkan penghasilan tambahan namun juga bisa membantu penonton berbelanja produk yang rekomendasikan di keranjang video YouTube-nya dengan lebih mudah karena penontonnya secara otomatis akan diarahkan langsung ke aplikasi Shopee.
Kreator YouTube Ijfina Amalia mengaku sama sekali tidak menyangka YouTube benar-benar membuka peluang besar untuk menyalurkan kreativitas dan menginspirasi banyak orang. “Rasanya, sangat menyenangkan bisa membantu orang lain merasa percaya diri sambil melakukan hal yang aku suka, bahkan hingga bisa menjadi sumber penghasilan utama bagiku dan keluarga,” katanya.
“Makanya, ketika program YouTube Shopping Affiliates hadir, aku menyadari program ini memiliki potensi besar dan hal ini buatku semakin semangat membuat konten. Ternyata benar saja, sejak bergabung dan aktif menautkan produk Shopee di setiap video yang aku upload, kini pendapatanku berhasil meningkat 2 kali lipat!,” lanjutnya.
Maksimalkan potensi dan terus menginspirasi bersama YouTube Shopping Affiliates
Tidak hanya konten yang kreatif dan inspiratif, dedikasinya untuk terus berkembang juga terlihat dari berbagai aspek. Kini, Ijfina juga turut membentuk sebuah komunitas bersama para subscribers-nya yang loyal dan telah percaya terhadap ulasan produknya.
Selain konsep konten yang menyenangkan dan menarik, Ijfina juga senantiasa meningkatkan kualitas kontennya dengan berbagai cara, mulai dari membangun studio sendiri, upgrade kamera dan lighting, hingga terus mengasah kemampuan serta pengetahuannya mengenai dunia kecantikan.
Ijfina pun bersyukur dan bangga akan segala prestasi dan pencapaian yang telah digapainya sebagai konten kreator selama 7 tahun. Selain bisa membangun rumah Impian, Ijfina juga bisa membangun bisnis online, bisnis penyewaan dan penitipan mobil, ruko, hingga membuka lapangan kerja.
“Semuanya mungkin tidak bisa aku gapai tanpa hasil membuat konten. Bukan hanya manfaat secara materi, aku juga bisa upgrade banyak kemampuan, karena sering dipercaya menjadi narasumber di berbagai acara. Bagiku yang lahir dan tumbuh di keluarga yang sederhana, segala pencapaianku sebagai konten kreator benar-benar menjadi kebanggaan untuk keluarga, dan rasa bangga itu lah yang aku anggap sebagai pencapaian tertinggiku,” ucapnya bangga.
Untuk menginspirasi konten kreator lainnya, Ijfina pun berbagi langkah-langkah penting yang selalu diterapkannya dalam proses menciptakan konten.
Berikut langkah penting dalam proses menciptakan konten ala Ijfina Amalia:
Brainstorming ide dengan memperhatikan tren
Dalam menciptakan konten, Ijfina selalu memulai prosesnya dengan riset tren terkini di media sosial khususnya YouTube, hingga platform eCommerce. Dengan memahami tren, ia dapat menghasilkan ide-ide konten yang relevan dan berpotensi menarik perhatian audiens. Jangan lupa tambahkan sentuhan personal, seperti greeting di awal video yang khas agar konten lebih otentik dan berbeda dari yang lainnya.
Pastikan video informatif dengan durasi yang optimal dan tetap menghibur
Menurut Ijfina, konten yang terlalu panjang terkadang berisiko kehilangan perhatian penonton. Oleh karena itu, ia selalu memastikan videonya langsung ke inti, memberikan informasi penting dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Siapkan script video untuk menjaga struktur cerita dan masukkan elemen visual atau musik untuk menambah daya tarik.
Diversifikasi konten agar penonton tidak bosan dan bisa jangkau target audiens yang lebih luas
Ijfina percaya bahwa variasi konten adalah kunci. Ia tidak hanya fokus pada satu jenis konten, tetapi juga mencoba menghadirkan berbagai jenis konten, seperti tutorial, vlog, review produk, hingga mix and match pakaian.
Cek produk yang sedang trending di eCommerce
Siapa bilang eCommerce hanya bisa digunakan untuk berbelanja? Untuk memastikan kontennya relevan, Ijfina rajin mengecek produk yang sedang populer atau trending di eCommerce seperti Shopee. Jika trending, artinya produk tersebut sedang banyak peminatnya. Setelah check out produk, biasanya Ijfina akan menggunakan produk itu beberapa kali. Jika memang bagus, ia akan merekomendasikan produk tersebut kepada para penontonnya.
“Sebagai konten kreator, kita harus selalu cerdas dalam beradaptasi, karena dunia digital bergerak sangat cepat. Jangan sampai tertinggal! Makanya, kalau ada peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates, kita harus langsung maksimalkan sebaik-baiknya,” tutup Ijfina.
Jika Ijfina Amalia bisa sukses memanfaatkan peluang-peluang baru, tentunya Anda juga bisa, kan? Dengan minimal 10.000 subscribers, Anda bisa gabung YouTube Shopping Affiliates dan menghasilkan komisi tambahan sambil menyalurkan hobi. Pastikan kanal YouTube Anda sudah tergabung di YPP (Program Partner YouTube) atau sudah dimonetisasi, ya!