Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Atasi Bibir Kering dan pecah Dengan Cepat

Mengalami bibir kering dan pecah-pecah tentu sangat merepotkan. Selain mengurangi penampilan, bibir juga akan terasa perih dan gatal. Kondisi bibir demikian ternyat terjadi akibat proses regenerasi yang tidak sempurna. Sel kulit mati di sekitar bibir menumpuk yang pada akhirnya membuat bibir kering dan pecah-pecah. Hampir semua orang pernah merasakan masalah bibir pecah-pecah.

Selain mengganggu penampilan, kondisi ini juga membuat bibir terasa sakit, tidak nyaman, bahkan mungkin bisa berdarah. Kebanyakan orang mengira, bibir pecah-pecah hanya muncul saat musim panas atau musim kemarau. Padahal, bibir pecah-pecah bisa juga dialami saat musim hujan. Tentang kondisi ini, perlu diketahui bahwa bibir memiliki kondisi unik dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan.

Oleh karena itu, paparan sinar matahari atau rendahnya kelembapan udara bisa membuat bibir menjadi kering. Selain itu, kondisi medis tertentu seperti kurang gizi, iritasi, dan efek samping obat-obatan juga bisa menimbulkan bibir pecah-pecah. Kondisi tersebut bisa makin memburuk jika kita tidak melakukan perawatan dengan baik terhadap bibir.

Perih dan Gatal

Via Hellosehat

Begini caranya…

  1. Meski kadang bermaksud untuk membasahi bibir yang mengalami kekeringan, ternyata menjilati bibir justru memperburuk kondisi bibir pecah-pecah. Cepatnya air liur menguap menyebabkan bibir mengalami kondisi lebih kering daripada sebelum dijilat. Jika menjilati bibir disebabkan oleh pemakaian lip balm yang mengandung rasa, maka pemakaiannya sebaiknya dihindari.
  2. Sebagai bahan dasar, campurkan madu dan gula pasir ke dalam wadah steril. Madu yang bersifat moisturizer mampu menjaga kelembapan serta mencerahkan bibir. Sedangkan gula berfungsi sebagai exfoliatoralami untuk membersihkan kulit mati.Agar lebih optimal, kamu bisa tambahkan beberapa tetes minyak almond dan vitamin E. Minyak almond mampu menutrisi bibir sehingga terasa lebih halus. Untuk mengatasi rasa kering, vitamin E dapat menjadi solusinya. Lakukan scrubbing secara perlahan dengan gerakan melingkar. Setelah itu, hapus sisa scrub menggunakan tissue dan jangan lupa diakhiri dengan basuhan air hangat.
  3. Lakukan sebanyak seminggu sekali agar tidak terjadi iritasi

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top