Asuransi iProtectZ untuk Pengguna iPad

www.marketing.co.id – iBox bekerja sama dengan Zurich Insurance meluncurkan iProtectZ, program asuransi khusus bagi iPad. Seperti apa proteksi yang diberikan?

Perkembangan iPad ke depan di Indonesia tidak akan berbeda jauh dengan perkembangan iPad di luar negeri. Masyarakat Indonesia yang konsumtif dan haus akan teknologi membuat iPad menjadi barang nomor satu yang wajib dibeli. iPad keluaran Apple ini juga memukau penggunanya.

Belum lagi, kekayaan fitur, kemudahan, dan penampilan yang stylish dari produk-produk keluaran Apple menjadikannya sebagai produk primadona di kalangan profesional dan kaum muda di seluruh dunia—termasuk Indonesia. Para pencinta gadget dan seluruh pengguna produk Apple pun memberikan perhatian khusus kepada produk Apple yang dimilikinya.

Namun, pernahkah terbayangkan jika komputer tablet tersebut secara tidak sengaja tersiram, terjatuh, terbakar, atau rusak parah akibat bencana alam seperti gempa bumi? Ya, mengawali tahun 2011, para pengguna produk Apple tak perlu khawatir jika hal tersebut terjadi. Sudah ada program iProtectZ untuk iPad.

Program iProtectZ untuk iPad merupakan kelanjutan dari iProtectZ untuk Mac yang diluncurkan pada tahun 2009 dan merupakan program perlindungan produk Apple. Kini, produk-produk keluaran Apple yang mendapatkan asuransi iProtectZ mencakup iPad, Macbook, Macbook Air, Macbook Pro, Mac Pro, Mac Mini, LED Cinema Display, dan iMac.

“Produk-produk Apple yang selalu inovatif mendorong kami menciptakan solusi inovatif, antara lain program perlindungan iProtectZ. Pengguna Apple adalah mereka yang mementingkan kualitas dan penampilan, sehingga mereka akan benar-benar melindungi produk Apple miliknya,” kata Luis Anthony, Marketing Manager iBox.

iBox bekerja sama dengan PT Zurich Insurance Indonesia terdorong untuk meluncurkan iProtectZ. Sebagai Apple Premium Reseller di Indonesia, kini iBox hadir dengan gerai-gerai di area Jakarta dan sekitarnya. iBox menyediakan seluruh rangkaian produk Apple, seperti iPad, iPhone, iPod, Mac, dan aksesori-aksesori dari merek ternama. Selain itu, iBox juga memberikan layanan lengkap dengan menyediakan Apple Authorised Service Center dan menjadi satu-satunya Apple Authorised Training Center di Indonesia.

Sedangkan Zurich di Indonesia membuka kantor perwakilannya pada 1984 dan menjadi PT Zurich Insurance Indonesia pada tahun 1991. Dengan kantor pusat di Jakarta, saat ini Zurich Insurance Indonesia memiliki enam kantor pemasaran, berlokasi di Kelapa Gading, Pondok Indah, Tomang, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Program iProtectZ sendiri merupakan jaminan ganti rugi kepada tertanggung sebesar nilai barang yang dipertanggungkan atau setiap bagian dari barang yang dipertanggungkan atas pembelian produk iPad dan Mac di iBox. Perlindungan ini berlaku bila produk tersebut mengalami kerusakan fisik yang tidak dapat diperkirakan, dan secara tiba-tiba.

iPad memang telah dijual oleh iBox di Indonesia sejak akhir Desember 2010 lalu. Pembeli iPad di toko tersebut akan langsung mendapatkan iProtectZ secara gratis ketika membeli iPad. iBox memberikan asuransi kerusakan untuk Mac dan iPad—di samping garansi internasional dari Apple.

Sebagai barang elektronik, Apple iPad tidak bisa terhindar dari ancaman-ancaman kerusakan. Terlebih, tablet 9,7 inci ini adalah perangkat mobile. Inilah yang menjadi alasan dasar adanya asuransi perlindungan bagi iPad.

“Mengamati dari layanan iProtectZ yang diterapkan untuk produk Mac, biasanya kerusakan yang sering terjadi sifatnya karena tidak sengaja. Misal, layar yang pecah atau bentuk komputer pangku yang melengkung karena tertekan sesuatu,” lanjut Luis. Dengan adanya iProtectZ, produk Apple akan benar-benar dilindungi dari tersiram, terjatuh, terbakar, bahkan terkena bencana alam.

Untuk proses klaimnya sendiri, Luis mengatakan, hanya dibutuhkan tiga hari saja atau paling lama tujuh hari. Namun, jika proses klaim sampai tujuh hari biasanya disebabkan oleh invoice yang tidak lengkap. Jika administrasi lengkap, proses klaim pun akan berlangsung dengan cepat.

Sancoyo Setiabudi, Presiden Direktur PT Zurich Insurance Indonesia menambahkan, untuk mendapatkan perlindungan tersebut, pengguna hanya perlu membeli iPad di gerai iBox. Selain itu, pengguna pun harus mengisi sertifikat asuransi yang sudah di-bundling dengan iPad. Namun sayangnya, layanan asuransi ini tidak berlaku bagi iPad yang dibeli sebelum program ini berlangsung. Kemudian, iPad yang dilindungi hanya produk yang diperoleh di iBox saja.

“Pasar industri asuransi di sektor ritel akan sangat berkembang di tahun-tahun mendatang. Hal inilah yang mendorong Zurich Insurance tertarik untuk melakukan kerja sama dengan iBox dalam memberikan perlindungan asuransi untuk produk Apple,” kata Sancoyo.

Luis menambahkan, jika proses klaim sudah selesai, konsumen bisa mengambil iPad-nya kembali. Mengenai biaya yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan produk asuransi ini, Luis mengatakan bahwa iProtectZ adalah layanan bebas biaya. Ini bisa dilihat dari harga iPad yang sebelum diberikan garansi dengan yang sudah dibundel ke dalamnya.

“Asuransi ini berlaku selama satu tahun dan untuk saat ini belum bisa diperpanjang. Klaim asuransi bisa didapatkan dalam waktu 24 jam. Sedangkan alasan iBox menggandeng Zurich dalam program iProtectZ karena proses klaim perusahaan asuransi asal Swiss ini sangat cepat,” ungkap Luis. (Fisamawati)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.