Marketing.co.id – Berita Marketing | Menyongsong perayaan Hari ASEAN pada 8 Agustus 2023 mendatang, ASEAN Foundation dan Maybank Foundation menghadirkan 120 relawan muda, 10 perwakilan organisasi masyarakat sipil (CSO), serta wirausaha sosial terpilih dari seluruh ASEAN dalam upacara pembukaan Regional Capacity Building Workshop of eMpowering Youths Across ASEAN (EYAA): Cohort 3 2023.
Sebelum mengikuti program komunitas di lima negara ASEAN, Indonesia, Filipina, Kamboja, Malaysia dan Singapura, para relawan muda telah menjalani regional capacity building workshop pada tanggal 24 sampai dengan 27 Juli 2023 yang lalu. Workshop tersebut menjadi sarana bagi para relawan dan CSO untuk mempelajari keahlian project management lebih dalam dan menyelesaikan proposal program mereka.
Program komunitas yang dilaksanakan oleh relawan pemuda dan CSO tersebut berupaya untuk menangani berbagai isu seputar topik seni dan budaya, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan keanekaragaman lingkungan di lima negara.
Baca juga: Perlukah Perusahaan Turut Membantu Pemberdayaan Masyarakat Setempat?
Dari Indonesia, terdapat inisiatif Thrive Together, Tenun.In Belu, dan BerDAYA yang didedikasikan untuk pengembangan diri, pemberdayaan pengrajin lokal, dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan. Inisiatif tersebut bertekad menciptakan dampak signifikan dengan memberdayakan individu, melestarikan warisan budaya, dan membentuk pemimpin masa depan yang akan menjadi aktor perubahan positif di komunitas masing-masing.
Dr. Piti Srisangnam, Direktur Eksekutif ASEAN Foundation, mengatakan Program EYAA: Cohort 3 merupakan simbol dari upaya kolaboratif berkelanjutan antara ASEAN Foundation dan Maybank Foundation untuk membuka potensi tak terbatas dari kaum muda dan komunitas ASEAN. Program ini merupakan katalisator yang hebat untuk perubahan besar serta membantu para relawan muda dalam memulai program komunitas untuk mengatasi masalah mendesak di seluruh ASEAN.”
“Melalui kemitraan kami dengan ASEAN Foundation dalam program ini, kami bertujuan untuk menciptakan sebuah platform bagi anak muda pencetus perubahan agar dapat meningkatkan potensi mereka dan menciptakan dampak berkelanjutan komunitas mereka. Bersama-sama, kami berupaya untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi ASEAN dengan memupuk semangat dan inovasi generasi muda kita,” tutur Chief Sustainability Officer dari Maybank Group, Shahril Azuar Jimin.

Program EYAA menjadi platform pembelajaran yang imersif dengan mengusung misi kesukarelaan sosial. Para peserta EYAA merupakan anak muda berusia 19 hingga 35 tahun yang berasal dari sepuluh negara anggota ASEAN. Dalam program ini, kelompok majemuk anak muda pencetus perubahan akan memiliki kesempatan menarik untuk mewujudkan ide dan memulai program berdampak di negara-negara ASEAN terpilih.
Baca juga: Arsjad Rasjid: Idul Adha Jadi Momentum Peningkatan UMKM ASEAN
Pada penyelenggaraan ketiganya, program EYAA menawarkan berbagai kesempatan dan manfaat bagi para pesertanya. Setiap kelompok relawan pemuda dan CSO berkesempatan memenangkan dana hibah hingga USD27.000 untuk mendukung pelaksanaan program komunitas.