Marketing.co.id- Akhir tahun lalu, Penjualan penjualan Kindle Fire melonjak tajam. Meskipun produk besutan Amazon itu hanya tersedia untuk satu setengah bulan saja pada kuartal liburan.
Seperti dilansir BGR, Amazon berhasil mengirimkan hampir 4 juta Kindle pada kuartal peluncuran. Menurut iSuppli HIS, Amazon berhasil menguasai 14 persen pasar tablet global. Dari hasil pencapaiannya itu, banyak yang menyebutnya sebagai pesaing terbesar iPad.
Namun, CEO Apple, Tim Cook bersikeras dengan mengatakan bahwa tablet buatan Amazon tersebut sama sekali tidak berdampak pada penjualan iPad.
Sekarang, pada kuartal pertama 2012 permintaan tablet yang dikatakan sebagai ancaman terbesar iPad tersebut merosot tajam menyusul langkah Apple untuk menurunkan harga iPad2 menjadi $399.
Menurut analis Barclays, Ben Reitzes, tampaknya banyak konsumen yang bersedia mengeluarkan $399 untuk tablet dengan ekosistem yang kuat dan berkembang daripada mengeluarkan $199 untuk sebuah tablet yang relative kurang bertenaga.
Sementara itu, pasar riset IDC melaporkan bahwa Amazon berhasil mengirimkan 4,8 juta tablet Kindle Fire pada kuartal peluncuran. Namun, angka tersebut turun pada kuartal pertama 2012 menjadi hanya 750.000 unit. Penurunan harga iPad 2 oleh Apple menurut IDC sangat memainkan peran. (CS)