Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Apple Bukan Lagi Merek Paling Berharga di Dunia

googleGoogle dinobatkan menjadi merek paling berharga di dunia menggeser kedudukan Apple versi BrandZ – perusahaan pemeringkat merek milik Millward Brown – dalam daftar Top 100 Most Valuable Global Brand. Setelah tiga tahun berturut-turut menempati posisi puncak mengungguli Google, nilai merek Apple turun 20% dalam setahun belakangan. Adapun nilai merek Google mengalami pengingkatan sebesar 40%.

Hasil pemeringkatan ini berdasarkan pengukuran ekuitas merek yang didapat dengan melakukan wawancara kepada lebih dari 2 juta konsumen secara global serta analisis kinerja keuangan dan bisnis dari perusahaan-perusahaan yang menjadi objek studi.

Investasi Google pada proyek mobil tanpa kemudi, Google Glass, dan banyak kemitraan Android – termasuk lini bisnis smartwatch yang akan datang, menghasilkan pemasukan sebesar US$ 15,4 juta dan keuntungan sebesar US$ 3,45 juta pada kuartal finansial terakhir.

Sedangkan nilai merek Apple turun karena perusahaan besutan almarhum Steve Job ini dinilai mengalami penurunan dalam hal inovasi. “Saya rasa dunia melihat Apple sebagai merek yang membuat revolusi dan saya rasa Apple sedang mengalami penurunan dalam hal itu,” jelas Oscar Yuan, Vice President Millward Brown seperti dikutip Adweek.

Apple menempati posisi kedua, diikuti oleh IBM, Microsoft, dan McDonald’s. Posisi lima teratas didominasi oleh perusahaan teknologi. McDonald’s sebagai satu-satunya merek makanan yang berada dalam peringkat tersebut.

Merek teknologi lainnya yang tahun ini juga berada dalam daftar 100 besar adalah Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Facebook mengalami penurunan 10 peringkat menjadi peringkat ke-21. Sedangkan Twitter dan LinkedIn baru pertama kalinya masuk dalam daftar 100 besar. Nilai merek Twitter ditaksir sebesar US$ 14 juta dan menempati peringkat 71, sedangkan LinkedIn meraih posisi 78 dengan nilai merek ditaksir sebesar US$ 12 juta.

Lompatan Cina

Hal yang paling menarik dari daftar peringkat ini adalah merek perusahaan teknologi asal Cina, yaitu Tencent dan Baidu. Nilai merek Tencent mengalami peningkatan sebesar 97% dan menyabet posisi lima puluh dalam daftar tersebut.

Baidu dikenal sebagai mesin telusur dominan di Cina dan berada di peringkat delapan dengan nilai merek di bawah US$ 30 juta. Peringkat kedua merek asal Cina tersebut mengalami peningkatan dari tahun lalu.

Berikut daftar 10 besar merek paling berharga di dunia tahun 2014:

  1. Google
  2. Apple
  3. IBM
  4. Microsoft
  5. McDonald’s
  6. Coca-Cola
  7. Visa
  8. AT&T
  9. Marlboro
  10. Amazon

(Berbagai sumber)

1 Comment

1 Comment

  1. Afrid Fransisco

    May 22, 2014 at 13:56

    coba Steve Job masih ada
    peperangan dgn Google dan Apple pasti sengit.
    nah, sekarang udah ngga sengit lagi deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top